Nayogi, Siti Zahrah (2024) Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (421kB)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (702kB)
BAB II LANDASAAN TEORI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (478kB) | Request a copy
BAB III PENYAJIAN ANALISIS DATA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (553kB) | Request a copy
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (147kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (182kB)
Abstract
Metode hypnoteaching merupakan suatu metode pembelajaran yang kreatif, unik serta
imajinatif. Pada penelitian ini, ketika pembelajaran bahasa Arab di kelas siswa menganggap bahwa
bahasa Arab itu sulit, terlebih siswa yang tidak belajar bahasa Arab sejak awal, serta terdapat
beberapa siswa pasif. Peneliti ingin merubah pola pikir siswa bahwa bahasa Arab mudah dipahami,
sehingga siswa termotivasi untuk belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui penerapan metode
hypnoteaching pada pembelajaran bahasa Arab dan menganalisis pengaruh penerapan metode
hypnoteaching terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Metode
penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Metode pengumpulan
data pada penelitian ini menggunakan kuesioner pretest posttest, observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode hypnoteaching berpengaruh
terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz. Hal ini
dibuktikan dengan uji paired sample t-test bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000 ˂ 0,05 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,221
˃ 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh
yang signifikan penerapan metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas
III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Hypnoteaching, ICBB, Metode Belajar, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 06:21 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 06:21 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/3 |