Alhaura, Rizqi Iu (2025) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI TK B QUR'AN MADANI BELITUNG TIMUR PADA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
Abstrak-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (142kB)
Bab 1-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (224kB)
Bab II-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (292kB)
Bab III-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (364kB)
Bab IV-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (84kB)
DAPUS- Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (204kB)
1-Skripsi-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
“Rizqi Iu Alhaura. 211372033. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam 
Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Di TK B Qur’an Madani Belitung Timur 
Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan 
Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025”
Penelitian ini fokus pada penerapan metode bernyanyi tanpa pengiring 
musik sesuai prinsip Al-Qur'an dan Sunnah dalam pembelajaran mufrodat bahasa
Arab di TK B Qur'an Madani Belitung Timur tahun ajaran 2024/2025. Tujuannya 
adalah menganalisis pelaksanaan metode tersebut, hambatan yang dihadapi, serta 
solusi yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif 
kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta purposive 
sampling terhadap 13 siswa kelas B. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi meliputi 
tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Hambatan yang ditemukan antara 
lain status bahasa Arab sebagai bahasa asing, siswa menghapal mufrodat secara 
berurutan, keterbatasan tenaga pengajar dan fasilitas, perbedaan daya ingat dan 
minat siswa, serta suasana kelas yang gaduh. Solusi yang diupayakan mencakup 
keterlibatan orang tua, pengacakan urutan mufrodat, peningkatan kompetensi guru, 
penambahan fasilitas, motivasi belajar, pengelolaan aspek emosional siswa, dan 
manajemen kelas efektif.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Pembelajaran Mufrodat, Bahasa Arab, TK Qur’an 
Madani Belitung Timur.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2025 16:00 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2025 16:00 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/232 | 
