IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI TK B QUR'AN MADANI BELITUNG TIMUR PADA TAHUN AJARAN 2024/2025

Alhaura, Rizqi Iu (2025) IMPLEMENTASI METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI TK B QUR'AN MADANI BELITUNG TIMUR PADA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (142kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
Bab 1-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (224kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV-Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS- Skripsi Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (204kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
1-Skripsi-Rizqi lu Alhaura.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
“Rizqi Iu Alhaura. 211372033. Implementasi Metode Bernyanyi Dalam
Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Di TK B Qur’an Madani Belitung Timur
Pada Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan
Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025”
Penelitian ini fokus pada penerapan metode bernyanyi tanpa pengiring
musik sesuai prinsip Al-Qur'an dan Sunnah dalam pembelajaran mufrodat bahasa
Arab di TK B Qur'an Madani Belitung Timur tahun ajaran 2024/2025. Tujuannya
adalah menganalisis pelaksanaan metode tersebut, hambatan yang dihadapi, serta
solusi yang diterapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta purposive
sampling terhadap 13 siswa kelas B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bernyanyi meliputi
tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Hambatan yang ditemukan antara
lain status bahasa Arab sebagai bahasa asing, siswa menghapal mufrodat secara
berurutan, keterbatasan tenaga pengajar dan fasilitas, perbedaan daya ingat dan
minat siswa, serta suasana kelas yang gaduh. Solusi yang diupayakan mencakup
keterlibatan orang tua, pengacakan urutan mufrodat, peningkatan kompetensi guru,
penambahan fasilitas, motivasi belajar, pengelolaan aspek emosional siswa, dan
manajemen kelas efektif.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Pembelajaran Mufrodat, Bahasa Arab, TK Qur’an
Madani Belitung Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 14 Jun 2025 16:00
Last Modified: 14 Jun 2025 16:00
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item
View Item