Khonsa’, Khonsa’ (2024) Implementasi Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Hadis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yoyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (286kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (575kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (648kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (730kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (193kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (292kB)
Skripsi Full Text - KHONSA'.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi metode diskusi 
pada mata pelajaran Hadis di kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri 
Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024, 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik 
menggunakan metode diskusi pada mata pelajaran Hadis kelas XI Salafiyah Ulya 
Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 
kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta yang berjumlah 
13 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan metode diskusi yang 
dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur penelitian sebagai berikut: 
perencanaan, Tindakan, observasi, refleksi, dan data yang dikumpulkan dengan 
teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang 
digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar 
peserta didik bila dibandingkan sebelum dan setelah pembelajaran dengan 
menggunakan metode diskusi. Pada pelaksanaan siklus I dari 13 peserta didik yang 
hadir terdapat 9 peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM dan 4 lainnya 
masih berada di bawah KKM, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil dari 13 
peserta didik hadir semuanya mendapatkan nilai di atas KKM, hal tersebut 
menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta 
didik.
Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Hadis, Metode Diskusi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:04 | 
| Last Modified: | 04 Dec 2024 06:04 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/11 | 
