Implementasi Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Hadis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yoyakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Khonsa’, Khonsa’ (2024) Implementasi Metode Diskusi Pada Mata Pelajaran Hadis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yoyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (286kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (575kB)
[thumbnail of Landasan Teori] Text (Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (648kB) | Request a copy
[thumbnail of Penyajian dan Analisis Data] Text (Penyajian dan Analisis Data)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of Penutup] Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (292kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - KHONSA'.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi metode diskusi
pada mata pelajaran Hadis di kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri
Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024, 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik
menggunakan metode diskusi pada mata pelajaran Hadis kelas XI Salafiyah Ulya
Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian
kelas XI Salafiyah Ulya Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta yang berjumlah
13 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan metode diskusi yang
dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur penelitian sebagai berikut:
perencanaan, Tindakan, observasi, refleksi, dan data yang dikumpulkan dengan
teknik wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar
peserta didik bila dibandingkan sebelum dan setelah pembelajaran dengan
menggunakan metode diskusi. Pada pelaksanaan siklus I dari 13 peserta didik yang
hadir terdapat 9 peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM dan 4 lainnya
masih berada di bawah KKM, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil dari 13
peserta didik hadir semuanya mendapatkan nilai di atas KKM, hal tersebut
menunjukkan bahwa metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta
didik.

Kata kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Mata Pelajaran Hadis, Metode Diskusi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:04
Last Modified: 04 Dec 2024 06:04
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/11

Actions (login required)

View Item
View Item