Saleh, Arjun (2024) Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Hadis Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Ibadurrahman Subaim Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (382kB)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-13-27.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (525kB)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-28-48.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (621kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-49-65.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (445kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-66-68.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (385kB)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-69-71.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (487kB)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah dengan adanya siswa yang belum mampu 
mencapai tujuan dan perubahan dalam pembelajaran. Ini menunjukkan sebagian 
siswa mengalami kesulitan dan hambatan dalam mencapai hasil pembelajaran. 
Salah satu faktornya yaitu kurangnya strategi dan metode yang belum cocok 
diterapkan guru sehingga menimbulkan hasil yang kurang maksimal. Masalah 
yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Strategi Guru PAI dalam Mengatasi 
Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Hadis Siswa Kelas 8 Madrasah 
Tsanawiyah Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik 
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta untuk 
teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan 
kesimpulan. Hasil penelitian bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan 
belajar siswa di Ibadurrahman Subaim yaitu meliputi: 1) Mengidentifikasi jenis 
kesulitan belajar siswa. 2) Memberikan motivasi pada siswa. 3) Memberikan 
tugas yang mudah pada siswa. 4) Mengadakan kerjasama dengan orang tua siswa. 
5) Mengadakan kegiatan lanjutan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. 6) 
Menggunakan metode talqin. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan 
belajar siswa yaitu meliputi: 1) Guru. 2) Siswa. 3) Sarana prasarana. 4) Kerjasama 
guru dan orangtua siswa. Adapun faktor penghambat guru dalam mengatasi 
kesulitan belajar siswa yaitu: 1) Guru. 2) Siswa. 3) Kurangnya kerjasama dengan 
orangtua siswa. 4) Lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Ibadurrahman Subaim | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 28 Dec 2024 07:13 | 
| Last Modified: | 28 Dec 2024 07:14 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/61 | 
