Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Hadis Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Ibadurrahman Subaim Tahun Ajaran 2023/2024

Saleh, Arjun (2024) Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Hadis Siswa Kelas 8 Madrasah Tsanawiyah Ibadurrahman Subaim Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (382kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-13-27.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (525kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-28-48.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-49-65.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-66-68.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (385kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Full Text - Arjun Saleh-69-71.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (487kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text - Arjun Saleh.pdf] Text
Skripsi Full Text - Arjun Saleh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah dengan adanya siswa yang belum mampu
mencapai tujuan dan perubahan dalam pembelajaran. Ini menunjukkan sebagian
siswa mengalami kesulitan dan hambatan dalam mencapai hasil pembelajaran.
Salah satu faktornya yaitu kurangnya strategi dan metode yang belum cocok
diterapkan guru sehingga menimbulkan hasil yang kurang maksimal. Masalah
yang diangkat dalam penelitian ini adalah “Strategi Guru PAI dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar pada Mata Pelajaran Hadis Siswa Kelas 8 Madrasah
Tsanawiyah Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta untuk
teknik analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Hasil penelitian bahwa strategi guru dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa di Ibadurrahman Subaim yaitu meliputi: 1) Mengidentifikasi jenis
kesulitan belajar siswa. 2) Memberikan motivasi pada siswa. 3) Memberikan
tugas yang mudah pada siswa. 4) Mengadakan kerjasama dengan orang tua siswa.
5) Mengadakan kegiatan lanjutan bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar. 6)
Menggunakan metode talqin. Faktor pendukung guru dalam mengatasi kesulitan
belajar siswa yaitu meliputi: 1) Guru. 2) Siswa. 3) Sarana prasarana. 4) Kerjasama
guru dan orangtua siswa. Adapun faktor penghambat guru dalam mengatasi
kesulitan belajar siswa yaitu: 1) Guru. 2) Siswa. 3) Kurangnya kerjasama dengan
orangtua siswa. 4) Lingkungan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, Ibadurrahman Subaim
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 28 Dec 2024 07:13
Last Modified: 28 Dec 2024 07:14
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item
View Item