Implementasi Pembelajaran Sirah di Kelas V Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024

Suprian, Suprian (2024) Implementasi Pembelajaran Sirah di Kelas V Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Skripsi Full Text - Suprian-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Skripsi Full Text - Suprian-15-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (184kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Skripsi Full Text - Suprian-30-56.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Skripsi Full Text - Suprian-57-90.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Skripsi Full Text - Suprian-91-93.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (85kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Full Text - Suprian-94-96.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Suprian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sirah di
salafiyah ula Yogyakarta tahun 2023. Data yang diperoleh menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian yaitu kepala
sekolah dan guru mata pelajaran sirah. Data dianalis dengan analisis deskriptif
menggunakan teknik analis data yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sirah di salafiyah ula
yogyakarta berjalan dengan baik. Proses pembelajaran sirah di salafiyah ula di kelas V
salafiyah ula yogyakarta dapat berjalan cukup efektif dengan adanya sarana pendukung
seperti ruang kelas yang nyaman, metode guru di dalam menyampaikan materi sangat
bervariasi seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan evaluasi. Serta
durasi waktu pembelajaran yang cukup yaitu selama 2 jam setiap pekan. Faktor
pendukung dalam proses pembelajaran sirah di kelas V salafiyah ula yaitu ruang kelas
yang cukup nyaman dan tenang, fasilitas belajar yang memadai seperti papan tulis,
spidol dan buku pelajaran sirah, durasi waktu pembelajaran selama 2 jam tiap pekan.
Faktor penghambat dalam proses pembelajaran sirah di kelas V salafiyah ula islamic
centre bin baz yogyakarta yaitu peserta didik kurang semangat ketika mengikuti
pembelajaran sirah, waktu pembelajaran di saat menjelang siang hari sehingga peserta
didik kurang fokus, tidak semua peserta didik langsung bisa memahami apa yang
disampaikan, dan tenaga pengajar kurang menguasai materi ini, sehingga sebagian
peserta didik kesulitan didalam menerima materi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Sirah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 24 Dec 2024 07:52
Last Modified: 24 Dec 2024 07:52
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item
View Item