Suprian, Suprian (2024) Implementasi Pembelajaran Sirah di Kelas V Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Suprian-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (11kB)
Skripsi Full Text - Suprian-15-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (184kB)
Skripsi Full Text - Suprian-30-56.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (230kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Suprian-57-90.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (327kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Suprian-91-93.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (85kB)
Skripsi Full Text - Suprian-94-96.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (132kB)
Skripsi Full Text - Suprian.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran sirah di 
salafiyah ula Yogyakarta tahun 2023. Data yang diperoleh menggunakan metode 
wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan subjek penelitian yaitu kepala 
sekolah dan guru mata pelajaran sirah. Data dianalis dengan analisis deskriptif 
menggunakan teknik analis data yaitu reduksi data, paparan data dan penyimpulan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran sirah di salafiyah ula 
yogyakarta berjalan dengan baik. Proses pembelajaran sirah di salafiyah ula di kelas V 
salafiyah ula yogyakarta dapat berjalan cukup efektif dengan adanya sarana pendukung 
seperti ruang kelas yang nyaman, metode guru di dalam menyampaikan materi sangat 
bervariasi seperti metode ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan dan evaluasi. Serta 
durasi waktu pembelajaran yang cukup yaitu selama 2 jam setiap pekan. Faktor 
pendukung dalam proses pembelajaran sirah di kelas V salafiyah ula yaitu ruang kelas 
yang cukup nyaman dan tenang, fasilitas belajar yang memadai seperti papan tulis, 
spidol dan buku pelajaran sirah, durasi waktu pembelajaran selama 2 jam tiap pekan. 
Faktor penghambat dalam proses pembelajaran sirah di kelas V salafiyah ula islamic 
centre bin baz yogyakarta yaitu peserta didik kurang semangat ketika mengikuti 
pembelajaran sirah, waktu pembelajaran di saat menjelang siang hari sehingga peserta 
didik kurang fokus, tidak semua peserta didik langsung bisa memahami apa yang 
disampaikan, dan tenaga pengajar kurang menguasai materi ini, sehingga sebagian 
peserta didik kesulitan didalam menerima materi.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran, Sirah | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:52 | 
| Last Modified: | 24 Dec 2024 07:52 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/58 | 
