Rajab, Nu’man Ibnu (2024) Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Mandiri Pada Siswa Kelas X Agama Di MA Jamilurrahman Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (118kB)
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-21-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (263kB)
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-38-54.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (319kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-55-77.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (207kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-78-80.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (57kB)
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab-81-85.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (191kB)
Skripsi Full Text - Nu'man Ibnu Rajab.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Akhlak Dalam
Pembentukan Karakter Mandiri Pada Siswa Kelas X Agama Di MA Jamilurrahman
Tahun Ajaran 2023/2024” yang mana sejak 2001, Indonesia menghadapi krisis
moral yang kompleks, termasuk meningkatnya kasus kemerosotan akhlak, seperti
peristiwa bullying yang mengakibatkan kematian seorang guru oleh muridnya
sendiri. Penyebabnya multifaktor, termasuk kurangnya perhatian orang tua yang
sibuk dengan pekerjaan serta kekurangan bimbingan dan perhatian bagi anak-anak.
Hal ini meningkatkan perilaku impulsif di kalangan remaja, sebagai bentuk pelarian
dari kejengkelan dan ketidakpedulian masyarakat terhadap mereka. Dalam konteks
ini, pendidikan akhlak memainkan peran penting dalam membentuk karakter
mandiri siswa. Melalui penelitian lapangan di MA Jamilurrahman Yogyakarta,
program pendidikan telah diterapkan dengan menggunakan metode pembiasaan,
keteladanan, motivasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penerapan pendidikan akhlak tersebut efektif dalam membentuk perilaku siswa,
seperti adopsi nilai-nilai sopan santun dan kedisiplinan di lingkungan sekolah. Ini
menunjukkan bahwa upaya pendidikan akhlak dapat menjadi solusi dalam
mengatasi krisis moral yang dihadapi oleh Indonesia, dengan menanamkan nilai�nilai etika sebagai dasar dalam hubungan antar manusia dan dengan Tuhan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pendidikan, Akhlak, Mandiri. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:42 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:42 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/57 |