Hanifah, Hanifah (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Bermain Peran (Role Play) Dalam Meningkakan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Sirah Di Kelas VIII Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Hanifah-8-9.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (146kB)
Skripsi Full Text - Hanifah-12-31.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (245kB)
Skripsi Full Text - Hanifah-32-50.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (260kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Hanifah-51-69.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (307kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Hanifah-70-71.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (155kB)
Skripsi Full Text - Hanifah-72-74.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (159kB)
Skripsi Full Text - Hanifah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (531kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini diawali dengan kurangnya hasil belajar peserta didik kelas VIII
Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta pada asesemen tengah
semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Peneliti mengetahui bahwa 40% dari siswi
belum mencapai standard KKM yang diberikan sekolah. Berangkat dari masalah
tersebut, peneliti melakukan observasi selama proses belajar mengajar materi Sirah
dikelas VIII, terlihat kurangnya diskusi dan interaksi antar satu siswa dengan yang
lain sedangkan kurangnya hasil belajar disebabkan oleh keanekaragaman latar
belakang peserta didik dalam penguasaan materi Sirah, hal ini dikarenakan pendidik
menggunakan metode konvensional yang berpusat pada pendidik, sehingga
mengakibatkan kurangnya rasa kerjasama pada peserta didik. Salah satu cara yang
dilakukan peneliti untuk meningkatkan hasil belajar dengan membangun kerjasama
antar peserta didik yaitu model pembelajaran Bermain Peran (Role Play) yang salah
satu kelebihannya adalah membangun rasa kerjasama yang baik dengan proses
menyenangkan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
pembelajaran menggunakan model pembelajaran Bermain Peran (Role Play) dan
memaparkan pengaruh model pembelajaran Bermain Peran (Role Play) terhadap
hasil belajar Sirah di kelas VIII Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin baz. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif yang diterapkan di kelas VIII dengan jumlah
siswi 106 di Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz tahun ajaran 2022/2023
dimana terdapat 72 sampel yang terdiri dari 21 santriwati kelas eksperimen dan 21
santriwati kelas kontrol serta 30 santriwati sebagai responden. Jenis instrument
yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes objektif berupa soal
pilihan ganda dan esay untuk mengukur hasil belajar.
Adapun Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa analisis Man Whitney
pada hasil belajar didapatkan hasil sig 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 . hasil
analisis untuk hasil belajar tersebut menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan
ketika menggunakan model pembelajaran Bermain Peran (Role Play). Dalam hasil
pelaksanaan ini, menunjukkan bahwa model pembelajaran Bermain Peran (Role
Play) efektif untuk meningkatkan hasil belajar Bermain Peran (Role Play) dengan
presentase peningkatan 85,70% , dengan demikian, peneliti berharap kepada guru
Sirah Salafiyah Wustho untuk menerapkan model pembelajaran ini sebagai variasi
dari model pembelajaran konvensional dan kepada peneliti yang akan datang dapat
dijadikan rujukan dalam penulisan skripsi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 07:00 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 07:00 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/52 |