Umuhani, Fatimah (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas IV Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (298kB)
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-16-39.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (492kB)
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-40-66.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (414kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-67-109.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (682kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-110-111.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (251kB)
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani-112-115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (262kB)
Skripsi Full Text - Fatimah Ummuhani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Model pembelajaran yang tepat memiliki andil yang besar dalam
berjalannya proses pembelajaran yang efektif. Melalui metode pembelajaran yang
tepat dapat meningkatkan semangat siswa dan fokus pada materi pembelajaran
sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami materi dan mendapatkan hasil
belajar yang relatif tinggi.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan metode
kooperatif tipe Time Token pada mata pelajaran fiqih siswa kelas IV Salafiyah Ula
Bin Baz Putri Yogyakarta. 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan
metode kooperatif tipe Time Token terhadap peningkatan hasil belajar mata
pelajaran fiqih kelas IV Salafiyah Ula Bin Baz Putri Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
kelas IV Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Putri yang berjumlah 34 siswa.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa Salafiyah Ula Islamic Center Bin
Baz Putri Yogyakarta. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc
Taggart dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe time token yang
dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur penelitian di antaranya:
perencanaan, Tindakan, pengamatan, refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui
tes, pengamatan, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan
analisis kualitatif yaitu, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta
analisis data kuantitatif untuk menghitung perolehan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada
siklus I dengan rata-rata 67,64%, dengan perbandingan nilai 23 siswa tuntas dan
11 siswa tidak tuntas dan pada siklus II sebesar 88,23% dengan perbandingan nilai
30 siswa tuntas dan 4 siswa tidak tuntas, adapun peningkatan rata-rata hasil belajar
siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 20,59%. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran
kooperatif tipe time token pada mata pelajaran fiqih mengalami peningkatan hasil
belajar di kelas IV Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Time Token, Hasil Belajar, Fiqih |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:34 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:34 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/50 |