Fauzi, Ahmad (2024) : Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Kelas III Putra Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-17-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (113kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-22-44.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (275kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-45-67.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (349kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-68-110.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (578kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-111-115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (53kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-116-118.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (213kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini didasarkan wawancara yang dilakukan pada tanggal 13 Maret 
2024. Penelti menemukan bahwa 80% siswa mendapat nilai raport Semester Ganjil 
dengan nilai di atas 80. Hasil ini menunjukkan keberhasilan yang cukup 
memuaskan dalam pembelajaran bahasa Arab Mufrodat yang diampu oleh Ustadz 
Azka. Peneliti, yang tertarik dengan metode pengajaran yang efektif, ingin 
mendalami proses yang dilaksanakan oleh Ustadz Azka. 
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode 
Kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi, sedangkan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru mata 
pelajaran B. Arab (mufrodat). Data dianalis dengan analisis deskriptif 
menggunakan teknik analis data yaitu model Miles dan Huberman, yang terdiri dari 
empat tahap utama: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan 
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajran berjalan dengan 
baik dengan metode pembelajaran mufrodat, yaitu: Yang pertama, metode Talqin
yang dilakukan guru diawal pembelajaran. Kedua, metode tebak kata, dilakukan 
guru dengan menyiapkan mufrodat kemudian menunjuk beberapa peserta didik 
untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ketiga, metode tanya/jawab, dilakukan jika 
pembelajaran sudah selesai sebagai syarat pulang. Keempat, metode diskusi saat 
pembelajaran berlangsung dengan membuat kelompok-kelompok pada peserta 
didik untuk menjawab 1 lembar soal bergambar beberapa mufrodat. Saran 
Penelitian terkhusus kepada kepala madrasah, guru, dan peserta didik untuk 
mempertahankan hasil yang telah dicapai bersamaan terus mengevaluasi kendala�kendala yang dihadapi.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran Mufrodat, Pembelajaran Bahasa Arab | 
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 07:32 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 07:32 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/43 | 
