Fauzi, Ahmad (2024) : Analisis Metode Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat) Kelas III Putra Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-17-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (113kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-22-44.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (275kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-45-67.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (349kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-68-110.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (578kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-111-115.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (53kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad-116-118.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (213kB)
Skripsi Full Text - Fauzi Ahmad.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini didasarkan wawancara yang dilakukan pada tanggal 13 Maret
2024. Penelti menemukan bahwa 80% siswa mendapat nilai raport Semester Ganjil
dengan nilai di atas 80. Hasil ini menunjukkan keberhasilan yang cukup
memuaskan dalam pembelajaran bahasa Arab Mufrodat yang diampu oleh Ustadz
Azka. Peneliti, yang tertarik dengan metode pengajaran yang efektif, ingin
mendalami proses yang dilaksanakan oleh Ustadz Azka.
Jenis penelitian ini ialah penelitian lapangan (field research) dengan metode
Kualitatif. Data yang diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi, sedangkan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru mata
pelajaran B. Arab (mufrodat). Data dianalis dengan analisis deskriptif
menggunakan teknik analis data yaitu model Miles dan Huberman, yang terdiri dari
empat tahap utama: reduksi data, display data, penarikan kesimpulan, dan
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajran berjalan dengan
baik dengan metode pembelajaran mufrodat, yaitu: Yang pertama, metode Talqin
yang dilakukan guru diawal pembelajaran. Kedua, metode tebak kata, dilakukan
guru dengan menyiapkan mufrodat kemudian menunjuk beberapa peserta didik
untuk menjawab pertanyaan tersebut. Ketiga, metode tanya/jawab, dilakukan jika
pembelajaran sudah selesai sebagai syarat pulang. Keempat, metode diskusi saat
pembelajaran berlangsung dengan membuat kelompok-kelompok pada peserta
didik untuk menjawab 1 lembar soal bergambar beberapa mufrodat. Saran
Penelitian terkhusus kepada kepala madrasah, guru, dan peserta didik untuk
mempertahankan hasil yang telah dicapai bersamaan terus mengevaluasi kendala�kendala yang dihadapi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Pembelajaran Mufrodat, Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 07:32 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 07:32 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/43 |