Khairunnisa, Aini (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Hujurot Ayat 11-13 Menurut Tafsir Ibnu Katsir. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (44kB)
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-14-25.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (232kB)
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-26-43.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (298kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-44-69.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (378kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-70-71.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (42kB)
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa-72-80.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (188kB)
Skripsi Full Text - Aini Khairunnisa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam pembentukan generasi 
muda yang berakhlak mulia dan berintegritas. Al-Qur'an sebagai sumber ajaran 
Islam mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diterapkan dalam 
kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai 
pendidikan karakter dalam Surat Al-Hujurat ayat 11-13 menurut Ibnu Katsir dan 
relevansinya dengan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan 
pendekatan tafsir dan analisis konten. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 
studi literatur, yaitu kitab tafsir Ibnu Katsir dan UU No. 20 Tahun 2003 tentang 
Sistem Pendidikan Nasional. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca, 
memahami, dan menginterpretasikan data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Surat Al-Hujurat ayat 11-13 yang ditafsirkan 
oleh Imam Ibnu Katsir mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang penting, yaitu: 
nilai pendidikan karakter saling menghargai, nilai pendidikan karakter berbaik sangka 
kepada orang lain, dan nilai pendidikan karakter toleransi. Nilai-nilai pendidikan karakter 
tersebut memiliki relevansi yang kuat dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk 
mengembangkan manusia Indonesia yang beriman, berakhlak mulia, cerdas, dan cakap. 
Implementasi nilai-nilai tersebut dalam pendidikan dapat dilakukan melalui berbagai 
strategi, seperti pembinaan karakter, pembiasaan, dan pembelajaran terintegrasi. 
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Al-Quran, Surat Al-Hujurat
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 07:19 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 07:19 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/41 | 
