Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Sholihah, Iswatus (2024) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of ASBTRAK] Text (ASBTRAK)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (128kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-16-41.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (513kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-42-69.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (573kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-70-97.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-98-101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (132kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah-102-105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (201kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text - Iswatus Sholihah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan gambaran kesulitan yang dialami dalam pembelajaran
bahasa Arab, yang menyebabkan kurangnya minat dan semangat siswa dalam mengikuti
pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru
dalam meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas III
Salafiyah Ula Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta pada tahun ajaran 2023/2024.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model analisis Miles dan Huberman, yang meliputi tahapan pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data
diuji melalui perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi sumber,
triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan minat
belajar bahasa Arab siswa di kelas III Salafiyah Ula Putri Islamic Centre Bin Baz
Yogyakarta pada tahun ajaran 2023/2024 dapat dibagi menjadi beberapa aspek. Pertama,
guru berperan sebagai pendidik, pembimbing, pengelola kelas, demonstran, dan motivator.
Kedua, minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab dinilai sangat baik dan tinggi,
tercermin dari kehadiran yang konsisten dan partisipasi aktif mereka dalam kelas. Mereka
menunjukkan kesenangan dalam belajar dengan selalu hadir, aktif bertanya, fokus dalam
mendengarkan penjelasan guru, mencatat materi pembelajaran, menjaga ketertiban kelas,
serta berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Rekomendasi dari temuan penelitian ini
adalah untuk menjadi landasan evaluasi bagi para guru, dengan fokus pada menjaga peran
mereka dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Selain itu, diperlukan upaya untuk
meningkatkan motivasi siswa agar lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini
dapat dilakukan dengan memastikan ketersediaan fasilitas sekolah yang memadai dan
pemanfaatan media pembelajaran yang efektif.

Kata kunci: Minat Belajar, Peran Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 22 Dec 2024 06:37
Last Modified: 22 Dec 2024 06:37
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/38

Actions (login required)

View Item
View Item