IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH MUYASSAR DI MA’HAD TAHFIDZ MUHIBBUS SUNNAH BANGKO, MERANGIN JAMBI TAHUN AJARAN 2023/2024

Fadhilawati, Fadhilawati (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN FIQIH MUYASSAR DI MA’HAD TAHFIDZ MUHIBBUS SUNNAH BANGKO, MERANGIN JAMBI TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-10-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-17-38.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (315kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-39-74.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (445kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-75-103.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (368kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-104-106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064-107-112.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (247kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI FADHILAWATI-2-1 (2) - Fadhilawati B201371064.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di
sekolah. Guru merupakan personal yang menduduki posisi strategis dalam rangka
pengembangan sumber daya manusia. Dituntut untuk terus mengikuti

viii

berkembangnya konsep-konsep baru dalam dunia pembelajaran. Tugas guru dalam
proses belajar mengajar meliputi tugas paedagogis dan tugas administrasi. Tujuan
Penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran fikih muyassar di
Ma’had Tahfidz Muhibbussunah Bangko ,mengetahui faktor pendukung,
penghambat dan hasil belajar fiqih muyassar di Ma’had Tahfidz Muhibbussunah
Bangko Merangin Jambi Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan
(Field Research). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
deskripsif kualitatif dengan subjek penelitian 1 guru fiqih dan 5 peserta didik
Mah’ad Tahfidz Muhibbussunnah Bangko. Pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,
Pelaksanaan pembelajaran fiqih muyassar di Ma’had Tahfidz Muhibbusunnah
Bangko Merangin Jambi dalam satu semester memiliki 20 kali waktu tatap muka,
dua kali dalam seminggu dua yaitu, hari selasa dan kamis. Dibutuhkan waktu 60
menit dalam masing-masing tatap muka. Adapun model pembelajaran yang
digunakan ustadzah yakni diskusi, ceramah praktik dan tanya jawab, di sesuaikan
dengan materi yang sedang berlangsung saat itu.
Sedangkan media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik adalah
yakni menggunakan media tradisional; papan tulis, buku pembelajaran fikih
dengan menggabungkan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab pada proses
pembelajaran dan dalam proses diskusi peserta didik dikasih kesempatan bertanya
terkait materi yang sedang berlangsung di hari tersebut. Untuk buku yang

ix

digunakan pendidik dengan peserta didik sama yaitu buku fikih muyassar dan buku
tersebut merupakan buku materi utama yang digunakan oleh pendidik dalam
pembelajaran.
Faktor pendukung dalam pembelajaran fiqih muyassar di Ma’had Tahfidz
Muhibbussunah Bangko Merangin Jambi Tahun Ajaran 2023/2024 adalah
Motivasi dari peserta didik itu sendiri, cara guru dalam menyampaikan
pembelajaran sangat mudah dipahami, metode pembelajaran yang tidak monoton,
bahasa buku yang mudah dipahami, tempat belajar yang nyaman, rasa persaingan
yang kuat antar teman dan adanya dukungan guru dan orang tua. Adapun faktor
penghambat, kepanasan dalam belajar karena kekurangan fasilitas kipas angin,
mengantuk, susah memahami materi pembelajaran ketika belum dijelaskan oleh
guru, dan kurangnya motivasi dari santriwati itu sendiri.
Hasil pembelajaran fiqih muyassar di Ma’had Tahfidz Muhibbusunnah
Bangko Merangin Jambi dapat diketahui dari evaluasi pembelajaran dan kehidupan
peserta didik setiap hari. Hasil pembelajaran fiqih muyassar melalui evaluasi
pembelajan dilakukan dengan dua tes, lisan dan tulisan dan pembelajaran fiqih
muyassar juga memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari karena
dengan mempelajari fiqih kita dapat mengetahui cara ibadah yang benar mulai dari
tata cara bersuci, berwudhu, mandi wajib, tata cara sholat, cara bermuamalah yang
benar dan masihh banyak yang lainnya.
Kata kunci: Implementasi, Fiqih, Muyassar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 17 Oct 2025 01:13
Last Modified: 17 Oct 2025 01:13
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item