Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akhlak Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024

Zuhrufi, Annisa (2024) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Akhlak Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (131kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-15-41.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (358kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-42-63.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (305kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-64-84.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-85-87.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi-88-91.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (213kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Annisa Zuhrufi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi pendidikan karakter melalui kebijakan, inovasi, dan tindakan praktis
pendidik di sekolah menjadi kunci utama untuk menanamkan nilai-nilai akhlak yang baik pada siswa
secara progresif, melalui pembelajaran atau program di sekolah yang merupakan upaya dari
tercapainya tujuan penanaman karakter kepada siswa. Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri
Yogyakarta merupakan salah satu pondok pesantren yang menerapkan prinsip-prinsip pendidikan
karakter dalam setiap pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui
implementasi pendidikan karakter di kelas XII Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri
Yogyakarta. (2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter
dalam pembelajaran akhlak di kelas XII Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan dengan
mengacu pada pendapat Dedy Mulyana. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran akhlak dan
siswa kelas XII Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori Miles
and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) implementasi pendidikan karakter di Madrasah
Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta lebih menitikberatkan kepada pembentukan
karakter dan moralitas sebagai cerminan siswa memahami ilmu. Dengan upaya guru dalam
memberikan contoh dan teladan yang baik, penggunaan metode pembelajaran akhlak yang
bervariatif dan inovatif sehingga siswa memahami nilai-nilai akhlak secara optimal, kolaborasi
antara guru dengan siswa diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai karakter yang ada dan
meningkatkan efektivitas pembelajaran akhlak. (2) Adapun kendala yang dihadapi dalam
implementasi pendidikan karakter yaitu waktu pembelajaran yang terbatas, faktor lingkungan,
teman, masa fokus yang sedikit, metode pembelajaran yang monoton dan keterbatasan guru laki�laki untuk mengondisikan suasana kelas.
Kata Kunci: Akhlak, Implementasi, Pendidikan Karakter

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 22 Dec 2024 06:17
Last Modified: 22 Dec 2024 06:17
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item
View Item