PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X SMK IHYA AS-SUNNAH SINGKUT TAHUN AJARAN 2023/2024

Angsari, Arip (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS X SMK IHYA AS-SUNNAH SINGKUT TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (6kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-11-36.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (369kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-37-74.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (235kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-75-95.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-96-99.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045-100-105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (154kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI_ 3 ARIP_ANGSARI - Arip Angsari A201371045.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Arip Angsari, 201.371.045. Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Membentuk Akhlak Peserta Didik Kelas X SMK Ihya As-Sunnah Singkut Ajaran
2023/2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi serta faktor pendukung dan
penghambat dalam membentuk akhlak peserta didik kelas X SMK yang dilakukan guru
pendidikan agama islam di Pondok Pesantren Ihya As-Sunnah Singkut Ajaran
2023/2024.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian
deskriptif untuk menyajikan gambaran secara rinci atau menggambarkan objek sesuai apa
adanya dan akurat tentang kondisi atau perilaku sosial dalam kaitannya. Penelitian
kualitatif didefinisikan sebagai penelitian yang menghasilkan prosedur analitis tanpa
menggunakan analisis statistik atau teknik kuantifikasi lainnya
Pengumpulan data dalam dalam model pembelajaran ini menggunakan dua
sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer didapat langsung dari
tempat penelitian atau lapangan. Dengan demikian penulis mengambil data dari Kepala
Sekolah, TU, Guru PAI dan juga peserta didik kelas X SMK Pondok Pesantren Ihya AsSunah singkut. Data sekunder diperoleh melalui pengumpulan atau pengelolahan data
yang bersifat studi dokumentasi berupa penelaah terhadap dokumen pribadi, resmi
kelembagaan, referensi-referensi atau peraturan yang memiliki relevansi dengan fokus
permasalahan penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran seorang guru di dalam
lembaga pendidikan sangat penting. Guru tidak hanya datang ke sekolah untuk
memberikan tugas atau materi pelajaran saja akan tetapi, seorang pendidik harus bisa
x
membangun karakter peserta didik, dimana untuk membentuk karankter tersebut tidaklah
mudah. Tugas seorang guru atau pendidik harus bisa membangun kemabali karakter
peserta didik untuk lebih baik lagi dengan cara guru memberikan contoh kepada peserta
didik dengan cara bertutur kata yang baik, tanggung jawab, patuh dengan peraturan yang
ada di sekolah. Peran guru sebagai pembimbing, pemberi solusi, serta sebagai teladan
bagi peserta didik, pada dasarnya peserta didik akan mengikuti serta mencotoh prilaku
guru, guru merupakan cerminan bagi peserta didik saat peserta didik berada di
lingkungan sekolah. Selain memberikan tauladan yang baik bagi peserta didik dengan
mengaplikasikan materi yang sudah di dapatkan di kelas, maka di harapankan peserta
didik mampu mendapatkan bimbingan akhlak yang baik. Dengan harapan peserta didik
belajar di bawah naungan pondok pesantren SMK Ihya As-Sunnah Singkut yang nantinya
di ajaran pendidikan Aqidah Akhlak dapat membentuk dan menjadikan peserta didik
memiliki akhlak lebih baik lagi.
Kata Kunci : Membentuk Akhlak, Peranan Guru

ABSTRACT
Arip Angsari, 201,371,045. The role of Islamic religious education teachers in
shaping the morals of grade X students of SMK Ihya As-Sunnah Singkut
Ajaran2023/2024. This study aims to determine the strategies and supporting and
inhibiting factors in shaping the morals of grade X SMK students carried out by Islamic
religious education teachers at the Ihya As-Sunnah Singkut Islamic Boarding School
2023/2024.
This type of research uses a qualitative approach with descriptive research to
present a detailed picture or describe objects as they are and accurately about social
conditions or behaviors in their relationships. Qualitative research is defined as research
that produces analytical procedures without the use of statistical analysis or other
quantification techniques.
Data collection in this learning model uses two data sources, namely primary data
and secondary data. Primary data is obtained directly from the research site or field. Thus
the author took data from the Principal, TU, PAI Teachers and also grade X students of
SMK Pondok Pesantren Ihya As-Sunah singkut. Secondary data is obtained through the
collection or management of data that is a documentation study in the form of a review of
personal documents, official institutions, references or regulations that have relevance to
the focus of the research problem.
Based on the results of this study shows that the role of a teacher in an educational
institution is very important. Teachers not only come to school to give assignments or
subject matter, but an educator must be able to build student character, where to form the
xii
character is not easy. The task of a teacher or educator must be to be able to build student
character skills to be even better by the way teachers provide examples to students by
speaking good words, responsibility, obeying the rules in school. The role of the teacher
as a guide, solution provider, and as an example for students, basically students will
follow and copy the teacher's behavior, the teacher is a reflection for students when
students are in the school environment. In addition to providing a good example for
students by applying the material that has been obtained in class, it is hoped that students
will be able to get good moral guidance. With the hope that students study under the
auspices of the Islamic boarding school SMK Ihya As-Sunnah Singkut which later in the
teaching of Aqidah Akhlak education can shape and make students have better morals.
Keywords: Shaping Morals, the Role of Teachers.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 15 Oct 2025 12:52
Last Modified: 15 Oct 2025 12:52
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/347

Actions (login required)

View Item
View Item