PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR NAHWU KELAS XI L MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Fitria, Maulida (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR NAHWU KELAS XI L MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ PUTRI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (12kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-17-40.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (376kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-41-64.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (795kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-65-101.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (585kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-102-104.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (76kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Skripsi Moli acc - maulida fitria-105-108.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Skripsi Moli acc - maulida fitria.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Maulida Fitria 201372036. Penerapan Media Pembelajaran Berbasis
Wordwall Dalam Meningkatkan Minat Belajar Nahwu Kelas XI L Madrasah
Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Pembelajaran yang kurang menyenangkan dapat mengakibatkan rasa bosan
pada siswa sehingga siswa kurang berminat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Hal tersebut terjadi pada kelas XI L Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri
Yogyakarta dimana siswa dalam pembelajaran nahwu mengantuk, bosan di awal
pembelajaran hingga akhir. Minat belajar sangat penting dalam suatu proses
pembelajaran. Dengan adanya minat belajar, maka akan mendorong semangat
dalam diri siswa yang menjadikan siswa akan merasa senang dan tertarik terhadap
pembelajaran terutama pada mata pelajaran nahwu. Untuk itu perlu adanya inovasi
oleh guru untuk meningkatkan minat siswa salah satunya dengan menggunakan
media berbasis wordwall dalam pembelajaran sehingga menjadikan pembelajaran
lebih menarik dan tidak membosankan.
Langkah awal sebagai guru dalam menerapkan media berbasis wordwall
adalah dengan 1. Membuat atau mendaftarkan akun kemudian isi data. 2. Tekan
create activity lalu pilih template yang tersedia. 3. Tulis judul dan deskripsi 4. Pilih
done, sebagai langkah akhir jika sudah selesai membuat. 5. Guru dapat
menampilkan evaluasi pertanyaan yang telah dibuat melalui proyektor yang
tersedia di kelas.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model
Kurt Lewin dan bersifat PTK partisipan. Teknis analisis data dalam penelitian ini
adalah gabungan berupa Kuantitatif dan Kualitatif dan teknik pengumpulan data
menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara, 3) Angket, 4) Dokumentasi, 5)
Triangulasi data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan media pembelajaran berbasis wordwall dalam meningkatkan minat
belajar nahwu siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya hasil observasi minat siswa
pada tahap pra siklus sebelum penerapan media memperoleh skor 59,10% dan
masuk dalam kategori pencapaian rendah. Setelah penerapan media berbasis
wordwall pada siklus I memperoleh skor 71,25% masuk dalam kategori pencapaian
sedang dan siklus II memperoleh skor 82% dan masuk dalam kaetgori pencapain
tinggi. Dari hal tersebut menunjukkan bahwasannya penggunaan media berbasis
wordwall mampu meningkatkan minat belajar siswa pada pebelajaran nahwu.
Kata kunci: Minat, Belajar, Nahwu, Media, Wordwall
ABSTRACT
Uninspiring learning experiences can lead to boredom among students,
resulting in decreased interest in participating in the learning process. This was
observed in class XI L of Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri
Yogyakarta, where students felt sleepy and bored during Nahwu lessons, from the
beginning to the end. Interest in learning is crucial in any learning process. When
students are interested, it fosters enthusiasm, making them feel happy and engaged,
especially in subjects like Nahwu. Therefore, it is necessary for teachers to innovate
to increase student interest, one of which is by using Wordwall-based media in
teaching to make lessons more engaging and less tedious.
The initial steps for teachers in implementing Wordwall-based media are as
follows: 1. Create or register an account and fill in the necessary details. 2.Click
"create activity" then select a template provided. 3. Write the title and description.
4. Select "done" as the final step when the creation is complete. 5.Teachers can
display the evaluation questions created through the available projector in the
classroom.
This study is an Action Research (PTK) following Kurt Lewin's model and
is participatory in nature. The data analysis technique used in this study is a
combination of quantitative and qualitative methods, with data collection
techniques including: 1) Observation, 2) Interviews, 3) Questionnaires, 4)
Documentation, and 5) Data triangulation. The aim of this research is to determine
how the implementation of Wordwall-based learning media can enhance students'
interest in learning Nahwu.
The research findings indicate that the observation results of student interest
in the pre-cycle stage before the implementation of media scored 59.10%, falling
into the low achievement category. After the implementation of Wordwall-based
media in cycle I, the score increased to 71.25%, categorized as moderate
achievement, and in cycle II, it reached 82%, categorized as high achievement. This
shows that the use of Wordwall-based media can enhance students' interest in
learning Nahwu.
Keywords: Interest, Learning, Nahwu, Media, Wordwall

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 10 Oct 2025 03:24
Last Modified: 10 Oct 2025 03:24
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item
View Item