Djuraid, Nurbanie (2025) PERSEPSI GURU TERHADAP KEHADIRAN SISWA DALAM PROSES PEMAHAMAN MATERI PEMBELAJARAN DI RAUDHATUL ATHFAL TAHFIDZ AL QUR’AN JAMILURROHMAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
COVER.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (392kB)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (112kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (391kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (473kB)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (388kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (193kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (214kB)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (392kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pengaruh kehadiran siswa terhadap pemahaman pada materi pembelajaran. Siswa dengan tingkat kehadiran yang rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran di kelas. Hal ini akhirnya berdampak pada hasil evaluasi pembelajaran siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi guru mengenai kehadiran siswa di RA Tahfidz Al Qur’an Jamilurrohman dalam proses pemahaman materi pembelajaran di sekolah dan untuk menggali strategi yang digunakan oleh guru dalam menghadapi siswa yang memiliki kehadiran tidak rutin agar tetap memahami materi pembelajaran di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara kepada waka kurikulum, wali kelas dan wali siswa, serta analisis dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kehadiran siswa di RA Tahfidz Al Qur'an Jamilurrohman sangat positif. Guru melihat kehadiran siswa memberikan dampak yang bermanfaat, baik dari segi akademik maupun pada pembentukan karakter siswa. Kendala yang dihadapi dalam kehadiran meliputi masalah kesehatan, kondisi keluarga, dan lingkungan belajar di sekolah yang membuat siswa tertinggal materi pelajaran. Oleh karena itu guru menggunakan beberapa strategi guna mengatasi kendala pemahaman materi pada siswa dengan kehadiran yang tidak rutin yang melibatkan seluruh elemen sekolah.
Kata Kunci: Persepsi Guru, Kehadiran Siswa, Pemahaman Materi
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 10 Jul 2025 06:26 | 
| Last Modified: | 10 Jul 2025 06:26 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/329 | 
