Miftahudin, Miftahudin (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER NABAWIYAH DI SDIT CAHAYA ILMU SANGGAU KALIMANTAN BARAT TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogjakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (13kB)
![[thumbnail of Bab I]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (40kB)
![[thumbnail of Bab II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.docx - Published Version
Restricted to Registered users only until 3 July 2026.
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (25kB)
![[thumbnail of Bab III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (27kB)
![[thumbnail of Bab IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.docx - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (17kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (14kB)
Abstract
ABSTRAK
“Miftahudin (201.371.050). Implementasi Pendidikan Karakter Nabawiyah di SDIT Cahaya Ilmu Sanggau Kalimantan Barat Tahun Ajaran 2023–2024. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi pendidikan karakter Nabawiyah diterapkan di SDIT Cahaya Ilmu Sanggau, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Karakter Nabawiyah yang diteladani antara lain: tawadhu’, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, amanah, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, dan tanggung jawab.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Narasumber terdiri dari kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter Nabawiyah diterapkan melalui integrasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan belajar mengajar, pembiasaan harian, serta keteladanan guru. Faktor pendukungnya adalah lingkungan sekolah yang kondusif dan keterlibatan guru yang aktif. Adapun faktor penghambatnya adalah kurangnya komunikasi dengan orang tua serta keterbatasan sumber daya guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 12:25 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 12:25 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/326 |