Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X N Madrasah Aliyah Karantina Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta

Hayatilawah, Lady (2025) Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas X N Madrasah Aliyah Karantina Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (78kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (411kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (331kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (577kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (671kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA LADY HAYATILAWAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (167kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI LADY HAYATILAWAH UPLOAD REPOSITORY 2025.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Lady hayatilawah, 182.372.019. 2025. Implementasi Metode Drill Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di Kelas XN Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.”
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana implementasi metode drill dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada pemelajaran Bahasa Arab di kelas XN Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta (2) Apakah terdapat peningkatan dalam prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode drill pada pembelajaran bahasa Arab di kelas XN Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XN Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta dengan jumlah 22 orang siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Implementasi metode Drill pada pembelajaran bahasa Arab secara signifikan dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. (2) Terdapatnya peningkatan dalam prestasi belajar siswa pada pembelajaran bahasa Arab dikelas XN Madrasah Aliyah yaitu dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas pada tes awal sebesar 77,63 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 82%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 84,27 dengan ketuntasan belajar sebesar 91%. Dan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 90,81 dengan ketuntasan belajar sebesar 100%.
Kata kunci : Metode drill, Prestasi Belajar dan Pembelajaran Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:35
Last Modified: 03 Jul 2025 08:35
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item
View Item