PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF DAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN ADAB KELAS X ‘ULYA DI MA'HAD DAARUSSUNNAH JAMBI

Trisyanto, Trisyanto (2025) PEMANFAATAN APLIKASI CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF DAN KOLABORATIF PADA PEMBELAJARAN ADAB KELAS X ‘ULYA DI MA'HAD DAARUSSUNNAH JAMBI. Other thesis, Pendidikan Agama Islam.

[thumbnail of ABSTRAK - Skripsi Trisyanto.pdf] Text
ABSTRAK - Skripsi Trisyanto.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 1OK.pdf] Text
34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 1OK.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 2 OK.pdf] Text
34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 2 OK.pdf

Download (627kB)
[thumbnail of 34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 3 OK.pdf] Text
34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 3 OK.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 4.pdf] Text
34-TRISYANTO-SKRIPSI BAB 4.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA - Trisyanto.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA - Trisyanto.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 05-skripsi cetak-lengkap ok.pdf] Text
05-skripsi cetak-lengkap ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan media Canva dalam
pembelajaran Adab di MA‘had Daarussunnah Jambi. Latar belakang penelitian ini adalah
perlunya inovasi media pembelajaran yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga
mampu menanamkan nilai-nilai karakter Islami secara mendalam. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Canva memberikan dampak positif
yang signifikan dalam proses pembelajaran Adab. Bagi guru, Canva menjadi media
strategis yang memudahkan penyampaian materi secara menarik dan komunikatif, serta
mendorong kreativitas dalam pembelajaran berbasis nilai. Bagi siswa, Canva mendorong
partisipasi aktif dan kreativitas melalui proyek visual yang merefleksikan nilai-nilai adab
Islami, seperti menghormati guru dan menjaga akhlak. Sementara itu, bagi lembaga
pendidikan, pemanfaatan Canva menunjukkan komitmen terhadap transformasi digital
yang tetap berlandaskan pada nilai-nilai keislaman.
Maka Canva bukan hanya sebagai alat bantu, tetapi juga sebagai media
transformatif dalam pendidikan karakter Islami yang relevan dengan tuntutan abad 21.
Kata Kunci: Canva, Pembelajaran Adab, Media Pembelajaran, Karakter Islami,
Pendidikan Digital

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 02 Jul 2025 12:28
Last Modified: 02 Jul 2025 12:28
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item
View Item