Iltizam, Abdullah Amar (2025) Penerapan Buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik (ABY) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Ix Salafiyyah Wustha (SW) Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (216kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (249kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (749kB)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (194kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (330kB)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
“Abdullah Amar Iltizam (211.372.054). Penerapan Buku Al-‘Arabiyyah Bayna Yadaik (Aby) Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas Ix Salafiyyah Wustha (Sw) Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun  Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
	Bahasa Arab memiliki kedudukan yang istimewa di dunia, baik sebagai bahasa agama, ilmu pengetahuan, maupun peradaban Islam yang luas. Pembelajaran bahasa Arab yang efektif sangat bergantung pada pemilihan materi dan metode yang tepat. Salah satu buku yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di Salafiyah Wustha Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta adalah Al-‘Arabiyyah Bayna Yadayk (ABY). Buku ini dirancang dengan tujuan untuk mempermudah siswa dalam mempelajari bahasa Arab dengan menggunakan materi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan buku ABY dalam pembelajaran bahasa Arab, mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapannya di kelas IX SW Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta pada tahun pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Seluruh data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif guna menggambarkan implementasi penggunaan buku ABY serta pengaruhnya terhadap pencapaian hasil belajar bahasa Arab siswa.
	Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ABY memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Arab siswa. Beberapa faktor pendukung utama adalah desain buku yang menarik dan relevansi materi dengan kehidupan sehari-hari, fasilitas audio yang membantu keterampilan mendengarkan dan pelafalan, serta peran aktif guru yang menciptakan suasana belajar yang kondusif. Namun, terdapat beberapa faktor penghambat yang perlu diperhatikan, seperti keterbatasan waktu pembelajaran, banyaknya kosakata baru yang harus dikuasai dalam waktu singkat, terbatasnya fasilitas audio, rendahnya rasa percaya diri siswa dalam berbicara bahasa Arab, serta keterbatasan pemahaman tata bahasa yang memerlukan pendampingan lebih lanjut dari guru. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi kepala sekolah, guru, dan siswa untuk mengoptimalkan penerapan buku ABY dalam pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci:Al-'Arabiyyah Bayna Yadayk, Pembelajaran Bahasa Arab, Salafiyah Wustha
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 10:09 | 
| Last Modified: | 20 Jun 2025 10:09 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/254 | 
