Qur’an, Muhammad Nur Hafidzul (2024) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB DI KELAS III DI SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN SKRIPSI 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (11kB)
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-14-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (305kB)
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-33-55.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (293kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-56-78.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (303kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-79-80.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (47kB)
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an-82-84.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (179kB)
Skripsi Full Text - Muhammad Nur Hafidzul Qur’an.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab Kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab kelas III dan apa saja faktor penghambat siswa dalam belajar bahasa arab di Kelas III Salafiyah Ula Putra Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggali data dari iforman dalam bentuk deskriptif kualitatif yang terkait dengan judul, dengan menggunakann Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru bahasa arab dan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab yaitu terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dari peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab Kelas III Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta yang paling utama adalah kemauan anak yang sangat kuat dan anak tidak merasa terpaksa minat dan motivasi atau dorongan dari orang tua, dan dorongan dari diri anak itu sendiri karena ingin membahagiakan orang tua, peserta didik yang sangat tinggi untuk belajar bahasa arab sangat mendukung keberhasilan program. Dan faktor penghambatnya adalah tenaga pendidik yang memiliki perbedaan metode dalam mengajarkan pembelajaran bahasa arab menyebabkan hambatan dalam kegiatan belajar mengajar dan peserta didik yang memiliki latar belakang kemampuan disetiap pelajaran bahasa arab sangat mempengaruhi proses pembelajaran bahasa arab.
Kata Kunci : Peran, Pembelajaran Bahasa Arab,Tingkat Motivasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 02:32 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 02:32 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/25 |