EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURROHMAN YOGYAKARTA

Rofi'ah, Siti Hafidatur (2025) EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURROHMAN YOGYAKARTA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (532kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II LANDASAN TEORI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (435kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SITI HAFIDATUR ROFI'AH-PBA-SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

“Siti Hafidatur Rofi’ah.211372030. EFEKTIVITAS MEDIA FLASH CARD DALAM MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA ARAB ANAK USIA 5–6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL TAHFIDZ AL-QUR’AN JAMILURROHMAN YOGYAKARTA. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.
Bahasa Arab memiliki peranan yang sangat penting dalam pendidikan Islam karena merupakan bahasa utama dalam Al-Qur’an dan Hadis. Mengenalkan bahasa Arab sejak dini merupakan salah satu langkah penting dalam membangun dasar pemahaman terhadap ajaran Islam. Anak usia 5–6 tahun termasuk dalam masa golden age. Pada masa ini, mereka mampu menyerap informasi baru, termasuk kosakata, dengan sangat baik. Pengenalan kosakata bahasa Arab di RA Tahfidz Al-Qur’an Jamilurrohman Yogyakarta masih dilakukan secara konvensional, seperti metode ceramah dan pengulangan tanpa media pendukung yang menarik. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah efektif penggunaan media flash card dalam meningkatkan kosakata bahasa Arab anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Tahfidz Al-Qur’an Jamilurrohman? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media flash card dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal Tahfidz Al-Qur’an Jamilurrohman
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi-experimental design). Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas B yang berjumlah 80 anak, terdiri dari empat kelas (B1, B2, B3, dan B4). Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (B1 dan B2) yang mendapatkan pembelajaran menggunakan media flash card, dan kelompok kontrol (B3 dan B4) yang menggunakan metode konvensional. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes lisan berupa pre-test dan post-test untuk mengukur penguasaan kosakata bahasa Arab.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test kelompok eksperimen adalah 62,00, meningkat menjadi 80,50 pada post-test, sedangkan kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan dari rata-rata 60,00 menjadi 67,25. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan media flash card dan media konvensional terhadap peningkatan kosakata bahasa Arab. Dengan demikian, penggunaan media flash card terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Arab anak usia dini.

Kata Kunci: Efektivitas, media flash card, kosakata bahasa Arab, anak usia dini, pembelajaran interaktif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 17 Jun 2025 21:37
Last Modified: 17 Jun 2025 21:37
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/248

Actions (login required)

View Item
View Item