widjayanti, widjayanti (2025) IMPLEMENTASI METODE TEKA-TEKI BERBASIS GAMBAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KOSAKATA BAHASA ARAB KELAS V B SALAFIYAH ULA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu tarbiyah Madani Yogyakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK WIJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (251kB)
![[thumbnail of BAB 1]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1 WIJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (346kB)
![[thumbnail of BAB II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2 WIJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (375kB)
![[thumbnail of BAB III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3 WIJA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (503kB)
![[thumbnail of BAB IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4 & DAPUS WIJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (290kB)
![[thumbnail of FULL TEXT]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Full Text Wija.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
“Widjayanti. (211.372.055), Implementasi Metode Teka-Teki Berbasis Gambar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kosakata Bahasa Arab Kelas V B Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta 2024/2025”
Pembelajaran Bahasa Arab kerap kali dianggap sulit oleh sebagian peserta didik, terutama dalam penguasaan kosakata. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi belajar serta hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan dan mampu mendorong partisipasi aktif speserta didik. Salah satu metode yang diterapkan di kelas VB Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta adalah metode teka-teki berbasis gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dan perkembangan metode teka-teki berbasis gambar dalam meningkatkan motivasi belajar kosakata Bahasa Arab pada peserta didik kelas VB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalampenelitian ini terdiri dari wakil kepala sekolah, guru pengajar Bahasa Arab, dan peserta didik kelas VB. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan Data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, dengan mengedepankan validitas data melalui triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode teka-teki berbasis gambar dilakukan melalui tahap kegiatan pembukaan, pelaksanaan, penguatan, dan penutup pembelajaran yang terstruktur. Metode ini terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik, ditandai dengan meningkatnya partisipasi aktif, ketertarikan terhadap materi, dan semangat belajar peserta didik. Kesimpulannya, metode teka-teki berbasis gambar merupakan pendekatan yang efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran kosakata Bahasa Arab, khususnya bagi peserta didik usia sekolah dasar.
Kata Kunci: kosakata bahasa Arab, motivasi belajar, metode teka-teki berbasis gambar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 12:02 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 12:02 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/244 |