Ramadhan, Syahrur (2025) IMPLEMENTASI YOUTUBE CHANNEL “ARAB PODCAST” UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADAT SANTRI KELAS VIIIA SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
ABSTRAK SKRIPSI SAHRUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (143kB)
BAB I SKRIPSI SAHRUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (319kB)
BAB II SKRIPSI SAHRUL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (268kB)
BAB III SKRIPSI SAHRUL.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (272kB)
BAB IV SKRIPSI SAHRUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (95kB)
DAFTAR PUSTKA SKRIPSI SAHRUL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (165kB)
SKRIPSI SAHRUL FULL TEXS 01.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK 
Syahrur Ramadhan. 211.372.021. Implementasi Youtube Chanel “Arab Podcast” 
Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Santri Kelas VIIIA Salafiyah Islamic 
Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi Pendidikan Bahasa 
Arab Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta 2025.  
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penguasaan mufradat bahasa 
Arab santri di kelas VIIIA Salafiyah Wustho Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, 
yang disebabkan oleh dominasi metode pembelajaran konvensional dan kurangnya 
pemanfaatan media pembelajaran modern. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti 
mencoba mengimplementasikan media pembelajaran digital berupa YouTube 
Channel “Arab Podcast” sebagai upaya meningkatkan penguasaan mufradat secara 
lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor 
penghambat dan pendukung dalam Implementasi Youtube channel “Arab Podcast” 
Untuk Meningkatkan Penguasaan Mufradat Santri Kelas VIIIA Salafiyah Islamic 
Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. 
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi 
kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, 
dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru bahasa Arab dan santri kelas 
VIIIA. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu analisis kualitatif, 
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube Channel Arab 
Podcast terbukti efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradat santri. Santri 
menunjukkan antusiasme tinggi terhadap pembelajaran berbasis video, serta 
mengalami peningkatan kemampuan dalam memahami, mengingat, dan 
menggunakan mufradat dalam konteks kalimat. Meskipun terdapat kendala seperti 
kualitas jaringan internet dan variasi kualitas video, secara umum media ini menjadi 
alternatif pembelajaran yang efektif dan menarik dalam pembelajaran bahasa Arab 
di lingkungan pesantren. 
Kata Kunci: YouTube, Arab Podcast, Mufradat, Bahasa Arab, Pembelajaran Santri
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 14 Jun 2025 16:27 | 
| Last Modified: | 14 Jun 2025 16:27 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/233 | 
