Penerapan Media Papercraft Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab di Salafiyah Ula Putri ICBB Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Kulsum, Laeli Umi (2025) Penerapan Media Papercraft Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab di Salafiyah Ula Putri ICBB Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (223kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (610kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (828kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (837kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (265kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (404kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Laeli Umi Kulsum (2025). Penerapan Media Papercraft dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradāt Bahasa Arab di Salafiyah Ula Putri ICBB Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Penguasaan mufradāt merupakan elemen mendasar dalam pembelajaran bahasa Arab karena menjadi fondasi dalam membentuk keterampilan berbahasa yang efektif, baik dalam aspek membaca, menulis, mendengarkan, maupun berbicara. Namun, pengajaran mufradāt seringkali masih dilakukan secara tradisional dan monoton, yang menyebabkan rendahnya minat belajar peserta didik serta lemahnya penguasaan mufradāt. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan dan media pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual agar peserta didik lebih tertarik dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu media yang potensial untuk digunakan adalah papercraft, yaitu media berbentuk tiga dimensi dari kertas yang dapat disentuh, dilihat dari berbagai sudut, dan dihubungkan langsung dengan mufradāt yang dipelajari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari 39 peserta didik kelas IV Salafiyah Ula Putri ICBB Yogyakarta, yang terbagi menjadi 19 peserta didik di kelas eksperimen dan 20 peserta didik di kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papercraft memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan penguasaan mufradāt. Rata-rata nilai pretest kelompok eksperimen yaitu 77, sedangkan kelompok kontrol 88. Rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 93, sedangkan kelompok kontrol 90. Uji Mann-Whitney pada gain score menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,004, yang mengindikasikan bahwa penguasaan mufradāt peserta didik yang menggunakan media papercraft meningkat secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media papercraft memberikan pengaruh positif yang signifikan dalam meningkatkan penguasaan mufradāt bahasa Arab peserta didik. Media ini berfungsi sebagai alat bantu visual yang menarik dan menciptakan pembelajaran yang aktif, menyenangkan, dan kontekstual. Penggunaan papercraft dapat membantu peserta didik menghubungkan kata-kata yang dipelajari dengan benda nyata, sehingga memperkuat daya ingat dan pemahaman mereka. Oleh karena itu, disarankan bagi pendidik untuk mengintegrasikan media pembelajaran kreatif seperti papercraft dalam proses pembelajaran bahasa Arab agar hasil belajar peserta didik dapat lebih optimal.
Kata Kunci : Media papercraft, Penguasaan mufradāt, Pembelajaran bahasa Arab

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 13 Jun 2025 20:12
Last Modified: 13 Jun 2025 20:12
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item
View Item