Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IV SD IT Al Kautsar Kepahiang Tahun 2025

Nurmalasari, Gita (2025) Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas IV SD IT Al Kautsar Kepahiang Tahun 2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (11kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (259kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (177kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (14kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (143kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
FIX SKRIPSI Gita Nurmalasari.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV SD IT Al Kautsar Kepahiang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, yang seringkali disebabkan oleh metode pembelajaran yang monoton dan sifat materi yang abstrak. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest, dengan sampel sebanyak 17 siswa kelas IV SD IT Al Kautsar Kepahiang.
Pengumpulan data dilakukan melalui pretest dan posttest yang berupa soal pilihan ganda. Sebelum perlakuan, rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 57,06. Setelah perlakuan dengan video animasi, rata-rata nilai siswa meningkat tajam menjadi 82,65, menunjukkan kenaikan sebesar 25,59. Hasil analisis statistik dengan Paired Samples T-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,001 (p < 0,05), yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Selain itu, observasi selama pembelajaran menunjukkan peningkatan fokus, semangat, dan partisipasi siswa saat menggunakan video animasi.
Meskipun demikian, penelitian ini memiliki keterbatasan karena hanya menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest dengan pengujian satu kali pada kelompok tunggal, sehingga kurang merepresentasikan secara luas dan sulit untuk sepenuhnya mengesampingkan pengaruh faktor lain. Namun, temuan ini memberikan indikasi kuat bahwa video animasi efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan minat siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan video animasi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV SD IT Al Kautsar Kepahiang.
Kata Kunci: Video Animasi, Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, One-Group Pretest-Posttest.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 11 Jun 2025 06:58
Last Modified: 11 Jun 2025 06:58
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item
View Item