Gunawan, Rinaldi (2024) Evaluasi Pembelajaran Buku Ajar Al - Arabiyyah Bayna Yadaik Jilid 1 Di Kelas X G MA Islamic Center Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan-5-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (348kB)
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan-14-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (692kB)
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan-30-56.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (787kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan-93-96.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (341kB)
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan-97-99.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (351kB)
Skripsi Full Text - Renaldi Gunawan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini berjudul “Evaluasi Pembelajaran Buku Ajar Al-Arabiyyah Bayna 
Yadaik di Kelas X G Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Menyatakan 
dengan sesungguhnya bahwa Skripsi yang saya tulis ini benar-benar hasil penelitian saya 
sendiri bukan merupakan pengambil alihan tulisan atau pemikiran orang lain yang saya akui 
sebagai tulisan atau hasil pemikiran saya sendiri.” Penelitian ini dilatarbelakangi ketika 
peneliti melakukan pengamatan penerapan pendidikan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah 
Islamic Center Bin Baz, Yaitu sangat khasnya penerapan pendidikan Bahasa Arab di 
Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebagaimana pentingnya penerapan Bahasa 
Arab di kelas X G Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta serta untuk 
mengetahui peran guru bahasa Arab dalam Pendidikan Bahasa Arab di kelas X G Madrasah 
Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta untuk mengetahui faktor dan penghambat 
pendidikan Bahasa Arab di Madrasah Aliyah ICBB tersebut.
Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian
ini kepada kepala sekolah Madrasah Aliyah ICBB dan guru bahasa Arab di kelas X G 
Madrasah Aliyah ICBB. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan 
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Evaluasi pembelajaran buku ajar Al�Arabiyyah Bayna Yadaik, di kelas X G Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz lebih 
menyeluruh dari mata pelajaran yang diajarkan dan waktu pelajaran lebih banyak dari pada 
Madrasah Aliyah pada umumnya. Adapun tingkat keberhasilan pendidikan bahasa arab di 
kelas X G Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta tergolong cukup baik. 
Sedangkan, kendala yang dihadapi dalam pendidikan bahasa Arab dan peran guru bahasa 
arab di kelas X G Madrasah Aliyah Islamic Center Bin Baz Yogyakarta yaitu, latar belakang 
siswa/santri yang berbeda-beda, kurangnya kekompakan sesama pengajar, adaya guru bahasa 
arab dan diniyah yang membosankan, siswa/santri kurang konsentrasi dan kurang berminat 
dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar,siswa/santri tidak merespon ketika ditanya.
Kata Kunci : Evaluasi, Pembelajaran, Buku ajar.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 07 Dec 2024 06:43 | 
| Last Modified: | 07 Dec 2024 06:43 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/18 | 
