Mulyani, Endang (2024) Implementasi Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Kelas B1 Di Raudhatul Athfal Bunayya Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (10kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (252kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (170kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (801kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (137kB)
Skripsi Full Text - Endang Mulyani.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Media gambar yang digunakan pada anak usia dini di RA Bunayya ICBB
Yogyakarta merupakan media penunjang pembelajaran kosakata bahasa Arab
yang menjadi kurikulum diniyah di RA ini. Media gambar mampu disajikan
secara menarik dan menyenangkan di kelas B1, sehingga menumbuhkan
antusiasme belajar dan membuat perhatian peserta didik terpusat pada aktivitas
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media
gambar dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab, faktor pendukung dan
penghambatnya di kelas B1 RA Bunayya ICBB.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif.
Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik
triangulasi yang dilaksanakan di kelas B1. Informan penelitian adalah guru wali
kelas B1 dan kepala sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan, Implementasi media gambar dalam
pembelajaran kosakata bahasa Arab di kelas B1 menggunakan media gambar
diam berupa buku bergambar, dan kartu gambar yang dicetak berwarna di kertas
HVS ukuran A4, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, dan
melalui tahapan pembelajaran yang dirancang dengan baik yaitu, perencanaan,
pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung pembelajaran,
tersedianya media gambar yang memenuhi syarat, antusiasme pengajar,
terkondisinya peserta didik, dan reward. Faktor penghambat diantaranya,
terbatasnya media gambar, kurang terkondisinya peserta didik, manajemen
waktu yang kurang disiplin.
Kata Kunci: Arab; Gambar; Implementasi; Kosakata; Media
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:24 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:24 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/17 |