Implementasi Buku Kontrol Hafalan AL-Qur’an Melalui Guru Tahfidz Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswi Kelas XI MA Jamilurrahman Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.

Wahyuni, Dina Auliatil (2024) Implementasi Buku Kontrol Hafalan AL-Qur’an Melalui Guru Tahfidz Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswi Kelas XI MA Jamilurrahman Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Astrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (265kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (465kB)
[thumbnail of Landasan Teori] Text (Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Penyajian dan Analisis Data] Text (Penyajian dan Analisis Data)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of Penutup] Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (269kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (208kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Dina Auliatil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendalami dan menganalisis secara
menyeluruh implementasi buku kontrol hafalan Al-Qur'an melalui peran guru
tahfidz dalam upaya meningkatkan motivasi siswi kelas XI di MA Jamilurrahman
Bantul. Strategi ini telah diterapkan sejak awal berdirinya sekolah pada tahun 2017
sebagai bagian dari komitmen sekolah dalam memastikan efektivitas pengontrolan
hafalan siswi, baik dalam konteks sekolah maupun diluar lingkungan pendidikan
formal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan
wawancara mendalam dan observasi terhadap guru tahfidz serta siswi kelas XI.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi buku kontrol telah membawa
dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi siswi untuk
menghafal Al-Qur'an. Peningkatan efektivitas pengawasan dan pengontrolan
hafalan oleh guru tahfidz, pemberian penghargaan dan reward atas pencapaian
hafalan, serta keterlibatan dan dukungan aktif orang tua dalam mendukung proses
hafalan siswi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan motivasi.
Namun demikian, penelitian juga mengungkapkan beberapa tantangan yang
dihadapi, termasuk interaksi monotonik dengan guru tahfidz, beban akademik, dan
distraksi dari media dan teknologi. Namun, strategi dalam meningkatkan motivasi
siswi, dukungan dari guru tahfidz dan orang tua, serta pengaruh positif dari prestasi
teman, telah membantu dalam mengatasi tantangan tersebut.
Penelitian ini memberikan kontribusi yang substansial dalam pemahaman
tentang pentingnya implementasi buku kontrol hafalan Al-Qur'an melalui guru
tahfidz dalam konteks meningkatkan motivasi siswi dalam menghafal Al-Qur'an di
tingkat pendidikan menengah atas. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat
memberikan arahan bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan strategi serupa
dalam mendukung proses hafalan Al-Qur'an siswi.

Kata kunci: Implementasi Buku Kontrol Hafalan Al-Qur’an, Guru Tahfidz,
Meningkatkan Motivasi Siswi Kelas XI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:17
Last Modified: 04 Dec 2024 07:17
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/16

Actions (login required)

View Item
View Item