Wahyuni, Dina Auliatil (2024) Implementasi Buku Kontrol Hafalan AL-Qur’an Melalui Guru Tahfidz Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Siswi Kelas XI MA Jamilurrahman Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Astrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (265kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (465kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (513kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (708kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (269kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (208kB)
Skripsi Full Text - Dina Auliatil.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mendalami dan menganalisis secara 
menyeluruh implementasi buku kontrol hafalan Al-Qur'an melalui peran guru 
tahfidz dalam upaya meningkatkan motivasi siswi kelas XI di MA Jamilurrahman 
Bantul. Strategi ini telah diterapkan sejak awal berdirinya sekolah pada tahun 2017 
sebagai bagian dari komitmen sekolah dalam memastikan efektivitas pengontrolan 
hafalan siswi, baik dalam konteks sekolah maupun diluar lingkungan pendidikan 
formal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan 
wawancara mendalam dan observasi terhadap guru tahfidz serta siswi kelas XI. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi buku kontrol telah membawa 
dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan motivasi siswi untuk 
menghafal Al-Qur'an. Peningkatan efektivitas pengawasan dan pengontrolan 
hafalan oleh guru tahfidz, pemberian penghargaan dan reward atas pencapaian 
hafalan, serta keterlibatan dan dukungan aktif orang tua dalam mendukung proses 
hafalan siswi menjadi faktor kunci dalam meningkatkan motivasi.
Namun demikian, penelitian juga mengungkapkan beberapa tantangan yang 
dihadapi, termasuk interaksi monotonik dengan guru tahfidz, beban akademik, dan 
distraksi dari media dan teknologi. Namun, strategi dalam meningkatkan motivasi 
siswi, dukungan dari guru tahfidz dan orang tua, serta pengaruh positif dari prestasi 
teman, telah membantu dalam mengatasi tantangan tersebut.
Penelitian ini memberikan kontribusi yang substansial dalam pemahaman 
tentang pentingnya implementasi buku kontrol hafalan Al-Qur'an melalui guru 
tahfidz dalam konteks meningkatkan motivasi siswi dalam menghafal Al-Qur'an di 
tingkat pendidikan menengah atas. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat 
memberikan arahan bagi sekolah-sekolah lain untuk menerapkan strategi serupa 
dalam mendukung proses hafalan Al-Qur'an siswi.
Kata kunci: Implementasi Buku Kontrol Hafalan Al-Qur’an, Guru Tahfidz, 
Meningkatkan Motivasi Siswi Kelas XI.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:17 | 
| Last Modified: | 04 Dec 2024 07:17 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/16 | 
