Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sirah Peserta Didik Kelas XII Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Abidah, Nur Nasywa (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sirah Peserta Didik Kelas XII Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (276kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (628kB)
[thumbnail of Landasan Teori] Text (Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of Penyajian dan Analisis Data] Text (Penyajian dan Analisis Data)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (780kB) | Request a copy
[thumbnail of Penutup] Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (279kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (248kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Nur Nasywa Abidah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat belajar peserta didik
kelas XII Tahfidz pada pelajaran Sirah dengan penggunaan metode konvensional
karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu metode
pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar Sirah adalah metode Think
Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Share dan untuk mengetahui
peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sirah setelah
diterapkan metode Think Pair Share di kelas XII Tahfidz Salafiyah Ulya Islamic
Centre Bin Baz Putri Yogyakarta pada tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau
Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik
kelas XII Tahfidz dengan menggunakan teknik purposive sampling. PTK
dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan
dan refleksi dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan.
Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa angket, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan penerapan
metode Think Pair Share yang dipadukan dengan media power point dan video
dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sirah. Hal ini
diketahui melalui persentase minat belajar sebelum tindakan sebesar 51,25%,
sesudah tindakan siklus I minat peserta meningkat menjadi 66,46% atau mengalami
peningkatan sebesar 15,41%, pada siklus II meningkat menjadi 87,43% atau
mengalami peningkatan sebesar 20,97%. Maka ditarik kesimpulan bahwa metode
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar
peserta didik kelas XII Tahfidz pada pelajaran Sirah, dengan begitu penelitian ini
dianggap berhasil.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share, Minat Belajar,
Sirah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:58
Last Modified: 04 Dec 2024 06:58
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/15

Actions (login required)

View Item
View Item