Abidah, Nur Nasywa (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Meningkatkan Minat Belajar Sirah Peserta Didik Kelas XII Tahfidz Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (276kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (628kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (513kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (780kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (279kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (248kB)
Skripsi Full Text - Nur Nasywa Abidah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya minat belajar peserta didik 
kelas XII Tahfidz pada pelajaran Sirah dengan penggunaan metode konvensional 
karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran. Salah satu metode 
pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar Sirah adalah metode Think 
Pair Share (TPS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana 
penerapan metode kooperatif tipe Think Pair Share dan untuk mengetahui 
peningkatan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Sirah setelah 
diterapkan metode Think Pair Share di kelas XII Tahfidz Salafiyah Ulya Islamic 
Centre Bin Baz Putri Yogyakarta pada tahun 2023.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas atau 
Classroom Action Research. Subjek dalam penelitian ini adalah 23 peserta didik 
kelas XII Tahfidz dengan menggunakan teknik purposive sampling. PTK 
dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan 
dan refleksi dalam dua siklus yang setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. 
Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa angket, observasi, 
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis 
kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan penerapan 
metode Think Pair Share yang dipadukan dengan media power point dan video 
dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sirah. Hal ini 
diketahui melalui persentase minat belajar sebelum tindakan sebesar 51,25%, 
sesudah tindakan siklus I minat peserta meningkat menjadi 66,46% atau mengalami 
peningkatan sebesar 15,41%, pada siklus II meningkat menjadi 87,43% atau 
mengalami peningkatan sebesar 20,97%. Maka ditarik kesimpulan bahwa metode 
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan minat belajar 
peserta didik kelas XII Tahfidz pada pelajaran Sirah, dengan begitu penelitian ini 
dianggap berhasil.
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Tipe Think Pair Share, Minat Belajar, 
Sirah.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 04 Dec 2024 06:58 | 
| Last Modified: | 04 Dec 2024 06:58 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/15 | 
