Azizah, Saffanah Nur (2024) Problematika Pembelajaran Nahwu Menggunakan Kitab Muyassar Di Kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (31kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (243kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (258kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (195kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (169kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (100kB)
Skripsi Full Text - SAFFANAH NUR AZIZAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)pembelajaran Nahwu siswa kelas X Madrasah Aliyah
Islamic Centre Bin Baz Putri, 2)mengetahui problematika pembelajaran Nahwu dan 3)mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya problematika pembelajaran, dan 4)mengetahui solusi
kesulitan pembelajaran Nahwu.
Penelitian ini merupakan penelitian partisipatif dengan bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian melalui guru mata pelajaran Nahwu, siswa kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Putri
Bin Baz, bagian kurikulum. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman melalui reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran Nahwu dapat dibagi menjadi dua
kategori: linguistik berkaitan dengan tata bunyi, kosa-kata, tulisan, dan non-linguistik berkaitan
dengan media pembelajaran, tenaga pendidik, peserta didik. Faktor-faktor yang mempengaruhi
problematika pembelajaran Nahwu diantaranya adalah kurangnya pemahaman materi oleh guru,
rendahnya motivasi siswa, dan gangguan sebaya. Solusi untuk mengatasi masalah ini meliputi
peningkatan kualitas tenaga pengajar, kerjasama dengan pengajar berkualifikasi, dan penyediaan
media pembelajaran yang bermutu.
Kata Kunci: Kitab Muyassar, Nahwu, Problem Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 04 Dec 2024 07:07 |
Last Modified: | 04 Dec 2024 07:07 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/14 |