EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE CORNELL NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025

RAHMANI, CYNTIA (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE CORNELL NOTE TAKING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FIQIH KELAS XI AGAMA MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MADANI YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (123kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (465kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (348kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (522kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (130kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (198kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

“Cyntia Rahmani. (211371047). Efektivitas Penerapan Metode Cornell Note Taking Dalam Meningkatkan Minat Belajar Fiqih Kelas XI Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025”
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Cornell Note Taking dan memaparkan pengaruh metode pembelajaran Cornell Note Taking terhadap minat belajar fiqih di kelas XI Agama Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar fiqih karena pendidik dalam memberikan materi masih menggunakan metode pembelajaran konvesional seperti ceramah yang membuat kurangnya perhatian peserta didik dan menyebabkan kejenuhan. Salah satu cara yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan minat belajar dengan membangun kerjasama antar peserta didik yaitu metode pembelajaran Cornell Note Taking yang salah satu kelebihannya adalah membuat catatan menjadi terorganisir dan memudahkan peserta didik ketika mengulang materi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Agama dengan jumlah 128 peserta didik di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta tahun ajaran 2024/2025 dimana sampel yang digunakan 55 peserta didik yang terdiri dari 28 peserta didik kelas eksperimen dan 27 peserta didik kelas kontrol. Jenis instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes berupa soal pilihan ganda dan angket. Teknik analisis yang dipakai meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t yang diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.
Adapun hasil dari penelitian ini, pertama peserta didik mampu menciptakan catatan terorganisir dengan baik, kedua hasil analisis Uji T-test yaitu 0,001<0,05. Hasil tersebut menyatakan bahwa penerapan metode Cornell Note Taking memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat belajar Fiqih kelas XI Agama MA Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Ketiga, dalam hasil pelaksanaan ini, menunjukkan bahwa metode pembelajaran Cornell Note Taking efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan persentase peningkatan 47.2%. Adapun hasil dari minat meningkat menjadi kategori “Sedang” dimana adanya peningkatan minat peserta didik yang sebelumnya kategori “Rendah”.
Kata Kunci: Minat belajar, Hasil belajar, Metode Cornell Note Taking, Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 27 May 2025 12:32
Last Modified: 27 May 2025 12:32
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item
View Item