PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024

Kamaludin, Takdir (2024) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KREATIVITAS GURU BAHASA ARAB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS XI MADRASAH ALIYAH JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (112kB)
[thumbnail of Pendahuluan] Text (Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (265kB)
[thumbnail of Landasan Teori] Text (Landasan Teori)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of Penyajian dan Analisis Data] Text (Penyajian dan Analisis Data)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Penutup] Text (Penutup)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (46kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (172kB)
[thumbnail of Skripsi Full Text] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text - Takdir Kamaludin.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Takdir Kamaludin. 201372021. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang
Kreativitas Guru Bahasa Arab Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Kelas
XI Madrasah Aliyah Jamilurrahman Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Sekolah Tinggi
Ilmu Tarbiyah Madani, 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kreativitas guru
bahasa Arab dalam proses pembelajaran, bagaimana motivasi belajar bahasa
Arab siswa dan adakah pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar
bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian lapangan yang bersifat korelasional. Pengumpulan data dilakukan
dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis
product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru dalam
pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Jamilirrahman Yogyakarta,
berada pada kategori Sedang yaitu pada kelas interval 54 – 70 dengan skor
68,80%. Pengkategorian ini dibedakan lagi menjadi dua, positif (Sangat Tinggi,
Tinggi, Sedang) dan negatif (Rendah, Sangat Rendah). Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa kreativitas guru dalam pembelajaran bahasa Arab di
Madrasah Aliyah Jamilurrahman Yogyakarta termasuk dalam kategori positif.
(2) Motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI Madrasah Aliyah Jamilirrahman
Yogyakarta, berada pada kategori Sedang juga, yaitu pada kelas interval 41 – 60
dengan skor 49.58%. Pengkategorian ini juga dibagi menjadi dua lagi, kuat
(Sangat Tinggi, Tinggi, Sedang) dan Lemah (Rendah dan Sangat Rendah). Oleh
karena itu, dapat disimpulkan bahwa hanya sebagian kecil siswa kelas XI
Madrasah Aliyah Jamilurrahman Yogyakarta yang memilki motivasi belajar
yang kuat. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreatifitas Guru
(X) dalam pembelajaran terhadap Motivasi Belajar (Y) bahasa Arab siswa kelas
XI Madrasah Aliyah Jamilirrahman Yogyakarta. Hal ini berdasarkan hasil
analisis menggunakan korelasi Product Moment melalui program SPSS 25 for
windows, yaitu diperoleh r hitung sebesar 0,335 dan hasil tersebut
dikonsultasikan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N= 40, maka
diperoleh koefisien korealsi r tabel 0,3120. Dengan ketentuan jika r hitung > r
tabel atau 0,335 > 0,3120, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru terhadap motivasi
belajar bahasa Arab siswa.
Kata Kunci: Persepsi, Kreativitas, Motivas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 03 Dec 2024 07:40
Last Modified: 03 Dec 2024 07:40
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/9

Actions (login required)

View Item
View Item