Gusti, Rimang Gandes Sikara (2024) PENERAPAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWI KELAS IX H SALAFIYAH WUSTHA ISLAMIC CENTRE BINBAZ YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (227kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (425kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (287kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (629kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (50kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (56kB)
Full text Skripsi - Rimang Gandes.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya sarana prasarana yang memadai terkhusus 
penggunaan media pada mata pelajaran bahasa Arab. Pengenalan media ke dalam proses 
pembelajaran adalah salah satu bidang yang harus menjadi fokus para pendidik. Dalam penelitian 
ini, media gambar seri dipilih sebagai alat untuk memperjelas informasi untuk meningkatkan 
kemampuan berbicara bahasa Arab di kelas saat pembelajaran bahasa Arab.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan penerapan media gambar seri dalam 
pembelajaran bahasa Arab Al-Arabiyah Baina Yadaik Kelas IX H Salafiyah Wustha Islamic Centre
Binbaz Yogyakarta. 2) Menjelaskan hasil peningkatan kemampuan berbicara bahasa Arab siswi 
kelas IX H Salafiyah Wustha Islámic Centre Binbaz Yogyakarta menggunakan media gambar seri.
Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dengan menggunakan jenis penelitian tindakan 
kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I (pertama) terdiri dari empat tahap yaitu 
perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian pada siklus pertama menunjukkan bahwa 76% penerapan media gambar 
seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab sudah tergolong sedang. Siklus II 
(kedua), seperti halnya siklus pertama, terdiri dari empat bagian. Namun siklus kedua ini merupakan 
perbaikan dan kelanjutan dari siklus pertama. Hasil observasi menunjukkan bahwa 83% penerapan 
media gambar seri dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa arab sudah tergolong tinggi.
Hasil siklus II (kedua) sangat sesuai dengan harapan sebagaimana dikemukakan dalam 
hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh penerapan media gambar seri dalam 
meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab siswi kelas IX 
H. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi yang menunjukkan bahwa 83% penerapan media 
gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa 
Arab dinilai sangat tinggi. Oleh karena itu, diambil hipotesis terkait proses penerapan media gambar 
seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab dalam pembelajaran bahasa Arab siswi 
kelas IX H Salafiyah Wustha Islamic Centre Binbaz Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024.
Kata kunci: Bahasa Arab, Gambar Seri, Kemampuan Berbicara
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 03 Dec 2024 06:07 | 
| Last Modified: | 03 Dec 2024 06:07 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/6 | 
