Ilham, Muhammad (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN ṢALĀT BERJAMA’AH SISWA MA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (341kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (445kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (500kB) | Request a copy
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (836kB) | Request a copy
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (340kB)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (273kB)
Skripsi Full Text - M. Ilham.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Berdasarkan latar belakang masalah dalam penelitian ini bahwa sebagian siswa belum mempunyai kesadaran seperti, banyak terlambat, sibuk dengan aktivitas lain bahkan ada guru yang menunggu siswa datang ṣalāt , yang ini bertolak belakang sebagaimana mestinya yaitu datang sebelum waktu ṣalāt dilaksanakan.
Peran guru pendidikan agama Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan siswa agar memahami, terampil melaksanakan dan mengamalkan agama Islam melalui kegiatan pendidikan. Dan kedisiplinan dapat diartikan ketaatan seseorang dalam melaksanakan aturan aturan, dan mengendalikan diri dengan kesadaran. Adapun ṣalāt berjama’ah adalah keterikatan antara ṣalāt seorang makmum dan salat seorang imam dengan syarat-syarat tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ṣalāt berjama’ah siswa MA Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat serta solusi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi faktor penghambat tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan ṣalāt berjama’ah siswa MA Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, adalah: guru sebagai metivator yang memberikan dorongan agar siswa sadar dan disiplin, sebagai teladan artinya guru menjadi panutan bagi siswa, sebagai penasehat, pembimbng dan pengawas yang menuntun siswa ke arah yang lebih baik serta
mengamalkan apa yang telah dipelajari.
Kata Kunci : Peran Guru PAI, Kedisiplinan, Ṣalāt Berjama’ah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 06:25 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 06:25 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/5 |