Haq, Umar Saiful (2024) Implementasi Metode Ceramah Interaktif Terhadap Pembelajaran Ilmu Nahwu Di Kelas VIII Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah Muhammadiyah Merden. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (80kB)
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-14-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (280kB)
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-33-45.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (201kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-46-58.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (564kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-59-60.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (79kB)
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ-61-67.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (214kB)
Skripsi Full Text - UMAR Saiful HAQ.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mengetahui proses implementasi
metode ceramah interaktif terhadap pembelajaran ilmu Nahwu, mengetahui
hambatan dan solusi implementasi metode ceramah interaktif terhadap
pembelajaran ilmu Nahwu di kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah
Muhammadiyah Merden.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari ustadz ilmu nahwu serta
santri kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah Muhammadiyah
Merden. Data yang terkumpul dari penelitian kemudian dianalisis dengan
menggunakan model analisis Milles dan Huberman, yang mencakup tahap reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa implementasi metode ceramah
interaktif terhadap pembelajaran ilmu Nahwu di kelas VIII di Pondok Pesantren
Modern Daarul Falaah Muhammadiyah Merden dapat dilakukan melalui tiga tahap:
pengantar, proses pembelajaran, dan penutup. Metode tersebut diterapkan dengan
baik oleh guru sesuai dengan langkah-langkahnya, di mana materi pelajaran
disampaikan melalui ceramah sambil melibatkan interaksi dengan peserta didik
melalui tanya jawab, diskusi, atau tugas. Tingkat pemahaman santri dalam
pembelajaran ilmu Nahwu di kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Daarul Falaah
Muhammadiyah Merden juga tergolong baik. Penelitian ini menunjukkan dampak
positif karena mampu meningkatkan pemahaman santri selama pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Interaktif, Nahwu |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:08 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:08 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/47 |