Laili, Muslimatul (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas X MA Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (293kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-14-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (587kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-30-47.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (656kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-48-89.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-90-92.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (336kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-93-95.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (300kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan
karakter Islami kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta
kemudian tujuan lain adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
dalam implementasi pendidikan karakter Islami kelas X Madrasah Aliyah Islamic
Centre Bin Baz Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan karakter
Islami di MA Islamic Center Bin Baz Yogyakarta dimulai dengan program
unggulan "ABATA" yang menekankan akidah yang benar, kemampuan berbahasa
Arab aktif dan memahami kitab suci, akhlak yang mulia, tahfidz Al-Qur'an dengan
baik, dan prestasi akademik. Selain itu, program Tawassuth dan pengembangan 10
karakter seperti (keikhlasan, persaudaraan, istiqomah, kemandirian, toleransi,
keteladanan, amanah dan tanggung jawab, bermanfaat, dan kedisiplinan)
terintegrasi dalam jadwal dan kegiatan sekolah serta pesantren, didukung oleh
pendekatan antara guru dan peserta didik, sistem pendukung, dan amar ma'ruf nahi
mungkar. Metode pembiasaan dan bimbingan, serta salat berjamaah, menjadi
bagian penting dari strategi. Faktor pendukungnya meliputi kompeten dan harmoni
guru, dukungan orang tua, sarana pembelajaran yang memadai, dan lingkungan
yang mendukung. Namun, faktor penghambatnya termasuk belum semua peserta
didik, guru, dan orang tua menerapkan karakter Islami dengan konsisten, serta
adanya pembiaran terhadap kemungkaran yang masih ada dalam kalangan santri
dan orang tua, serta ustadzah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islami, Madrasah Aliyah Karantina,
Islamic Center Bin Baz
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 07:25 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 07:25 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/42 |