Laili, Muslimatul (2024) Implementasi Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Kelas X MA Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Pelajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (293kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-14-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (587kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-30-47.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (656kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-48-89.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-90-92.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (336kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili-93-95.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (300kB)
Skripsi Full Text - Muslimatul Laili.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan 
karakter Islami kelas X Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta 
kemudian tujuan lain adalah untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung 
dalam implementasi pendidikan karakter Islami kelas X Madrasah Aliyah Islamic 
Centre Bin Baz Yogyakarta. 
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode 
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, 
wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, 
penyajian data dan penarikan kesimpulan 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi pendidikan karakter 
Islami di MA Islamic Center Bin Baz Yogyakarta dimulai dengan program 
unggulan "ABATA" yang menekankan akidah yang benar, kemampuan berbahasa 
Arab aktif dan memahami kitab suci, akhlak yang mulia, tahfidz Al-Qur'an dengan 
baik, dan prestasi akademik. Selain itu, program Tawassuth dan pengembangan 10 
karakter seperti (keikhlasan, persaudaraan, istiqomah, kemandirian, toleransi, 
keteladanan, amanah dan tanggung jawab, bermanfaat, dan kedisiplinan)
terintegrasi dalam jadwal dan kegiatan sekolah serta pesantren, didukung oleh 
pendekatan antara guru dan peserta didik, sistem pendukung, dan amar ma'ruf nahi 
mungkar. Metode pembiasaan dan bimbingan, serta salat berjamaah, menjadi 
bagian penting dari strategi. Faktor pendukungnya meliputi kompeten dan harmoni 
guru, dukungan orang tua, sarana pembelajaran yang memadai, dan lingkungan 
yang mendukung. Namun, faktor penghambatnya termasuk belum semua peserta 
didik, guru, dan orang tua menerapkan karakter Islami dengan konsisten, serta 
adanya pembiaran terhadap kemungkaran yang masih ada dalam kalangan santri 
dan orang tua, serta ustadzah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter Islami, Madrasah Aliyah Karantina,
Islamic Center Bin Baz
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 07:25 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 07:25 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/42 | 
