Hulwa, Firyal (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sirah Peserta Didik Kelas IV Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-10-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (284kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-16-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (417kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-38-61.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (412kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-62-99.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (636kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-100-102.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (252kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-103-105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (241kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik
kelas IV pada mata pelajaran sirah dilihat dengan hasil belajar hanya sebesar 26,5%
yaitu 9 dari 34 peserta didik yang tuntas. Metode pembelajaran yang digunakan
oleh guru hanya menggunakan metode konvensional/ceramah saja, hal ini juga
mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik yang mengakibatkan peserta
didik bosan dan meremehkan pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian
kelas IV Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta yang berjumlah 34
Peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan metode pembelajaran teams
games tournament yang dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur penelitian
sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan data yang
dikumpulkan dengan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sirah, hal ini dapat
dilihat dari hasil belajar Peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus
II. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami
peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar peser ta didik pada siklus I rata�rata sebesar 41,2% dan pada siklus II sebesar 85,3% . mengalami peningkatan dari
siklus I ke siklus II sebesar 44,1% artinya hasil belajar peserta didik yang memenuhi
KKM ≥ 75 mencapai 85,3% di akhir siklus, hal ini menunjukan pembelajaran
denggan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games
tournament dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik pada mata pelajaran
sirah.
Kata Kunci:Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games
Tournament, Hasil Belajar, PAI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 06:31 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 06:31 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/37 |