Hulwa, Firyal (2024) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Sirah Peserta Didik Kelas IV Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-10-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (284kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-16-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (417kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-38-61.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (412kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-62-99.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (636kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-100-102.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (252kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa-103-105.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (241kB)
Skripsi Full Text - Firyal Hulwa.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar peserta didik 
kelas IV pada mata pelajaran sirah dilihat dengan hasil belajar hanya sebesar 26,5% 
yaitu 9 dari 34 peserta didik yang tuntas. Metode pembelajaran yang digunakan 
oleh guru hanya menggunakan metode konvensional/ceramah saja, hal ini juga 
mengakibatkan kurangnya partisipasi peserta didik yang mengakibatkan peserta 
didik bosan dan meremehkan pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian 
kelas IV Salafiyah Ula Islamic Centre Bin Baz Putri Yogyakarta yang berjumlah 34 
Peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan metode pembelajaran teams
games tournament yang dilaksanakan selama dua siklus dengan prosedur penelitian 
sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan data yang 
dikumpulkan dengan teknik wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Teknik 
analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan.
Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sirah, hal ini dapat 
dilihat dari hasil belajar Peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus 
II. Demikian halnya dengan ketuntasan belajar peserta didik juga mengalami 
peningkatan setiap siklusnya. Ketuntasan belajar peser ta didik pada siklus I rata�rata sebesar 41,2% dan pada siklus II sebesar 85,3% . mengalami peningkatan dari 
siklus I ke siklus II sebesar 44,1% artinya hasil belajar peserta didik yang memenuhi 
KKM ≥ 75 mencapai 85,3% di akhir siklus, hal ini menunjukan pembelajaran 
denggan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games 
tournament dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik pada mata pelajaran 
sirah.
Kata Kunci:Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games 
Tournament, Hasil Belajar, PAI
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 06:31 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 06:31 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/37 | 
