Hidayah, Zulfa (2024) IMPLEMENTASI METODE BIN BAZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI RAUDHATUL ATHFAL BUNAYYA ISLAMIC CENTRE BIN BAZ PIYUNGAN YOGYAKARTA. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-7-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (75kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-15-43.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (398kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-44-66.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (324kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-67-93.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (584kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-94-95.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (71kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah-96-99.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (130kB)
SKRIPSI MBB ZULFA TERBARU Revisi 27 Mei 2024 - Zulfa Hidayah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
Abstract
Abstrak
Metode Bin Baz adalah salah satu metode belajar Al-Qur’an yang hadir di
Indonesia sebagai bentuk solusi untuk menuntaskan buta aksara Al-Qur’an dan
mencetak generasi qurani. Pendekatan yang digunakan dalam Metode Bin Baz
adalah pendekatan bahasa ibu, yaitu metode langsung (Direct Methode), diulangulang (Repeatation) dan kasih sayang yang tulus. Masing-masing anak dibagi
menurut halaqohnya yang kemudian belajar membaca Al-Qur’an menggunakan
Metode Bin Baz dengan jilid masing-masing. Satu kelompok berisi tidak lebih
dari sepuluh peserta didik dengan satu pengajar. Tujuan penelitan ini untuk
mendeskripsikan implementasi Metode Bin Baz dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an peserta didik Di Raudhatul Athfal Bunayya Islamic Centre
Bin Baz Piyungan Yogyakarta dan mendeskripsikan faktor pendukung dan
penghambat implementasi Metode Bin Baz dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Quran peserta didik Di Raudhatul Athfal Bunayya Islamic Centre
Bin Baz Piyungan Yogyakarta.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif
sebagai desain penelitiannya. Penelitian dilaksanakan di Raudhatul Athfal
Bunayya Islamic Centre Bin Baz Piyungan Yogyakarta. Sumber data primer pada
penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara. Dalam penelitian ini metode
pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data yang digunakan teknik deskriptif yaitu Pengumpulan data, Reduksi
Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Metode Bin Baz dalam
meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik Di Raudhatul
Athfal Bunayya Islamic Centre Bin Baz Piyungan Yogyakarta menggunakan
beberapa metode di dalaamnya yaitu Pendekatan individual klasikal, Metode
klasikal, Klasikal talqin dan Klasikal baca simak. Untuk rangkaian proses
pembelajaran disusun dengan aturan yang sesuai dengan Metode Bin Baz yaitu
Muqaddimah, Murojaah Peraga, Darsun Jadid (pelajaran baru), Baca Simak jilid,
Penilaian jilid, Tahfidzul qur’an dan Penilaian hafalan.
Kata Kunci : Metode Bin Baz, belajar membaca Al-Qur’an, Raudhatul Athfal
Bunayya, Proses pembelajaran
Abstract
The Bin Baz Method is one of the Quranic learning methods present in Indonesia,
serving as a solution to eradicate Quranic illiteracy and cultivate a Quranic
generation. Rooted in the mother tongue approach, the Bin Baz Method employs
direct methodology, repetition, and genuine affection. Children are grouped
according to their proficiency levels and taught Quranic reading using the Bin Baz
Method, with each child having their own volume. Each group consists of no
more than ten students with one instructor. The aim of this research is to describe
the implementation of the Bin Baz Method in enhancing Quranic reading abilities
among students at Raudhatul Athfal Bunayya Islamic Centre Bin Baz Piyungan
Yogyakarta, and to outline the supporting and inhibiting factors in its
implementation. This research adopts a qualitative approach with a descriptive
study design, conducted at Raudhatul Athfal Bunayya Islamic Centre Bin Baz
Piyungan Yogyakarta. Primary data sources include observation and interviews.
Data collection methods include interviews, observations, and documentation.
Data analysis involves descriptive techniques such as data collection, reduction,
presentation, conclusion drawing, and verification. The findings indicate that the
implementation of the Bin Baz Method utilizes various classical approaches,
including individual, talqin, and reading comprehension, structured within a
learning framework consisting of introductory, review, new material introduction,
comprehension, assessment, memorization, and evaluation phases.
Keywords: Bin Baz Method, Quranic reading, Raudhatul Athfal Bunayya,
Learning process
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 12:36 | 
| Last Modified: | 15 Oct 2025 12:36 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/346 | 
