IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI’I KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2023/2024

Zubair, Muhammad (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI’I KARANGDUWUR PETANAHAN KEBUMEN JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yokyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (236kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-18-56.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (655kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-57-81.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (911kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-82-97.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (557kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-98-101.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (355kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA-102-106.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (632kB)
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI ZUBAIR, IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS V DI SDIT IMAM SYAFI'I - Divisi Tahfidz STITMA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Zubair. 201.372.018 Penelitian ini bertujuan untuk
mengimplementasikan efektivitas dan kualitas pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Imam
Syafi'i. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan guru Bahasa Arab, siswa, dan
kepala sekolah, serta observasi langsung terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kurikulum Bahasa Arab di SDIT Imam Syafi'i didesain untuk
mengembangkan kemampuan siswa dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis
Bahasa Arab sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif mereka.
Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru-guru Bahasa Arab melibatkan
kombinasi antara pengajaran langsung, permainan peran, aktivitas kelompok, dan
penggunaan teknologi sebagai media pembelajaran tambahan. Meskipun demikian, terdapat
beberapa tantangan yang dihadapi, seperti keterbatasan sumber daya dan minimnya minat
siswa terhadap pembelajaran Bahasa Arab. Selain itu, kurangnya dukungan dari orang tua
juga menjadi faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran.
Meskipun demikian, upaya terus dilakukan oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran Bahasa Arab, termasuk dengan mengadakan pelatihan bagi guru-guru,
mengadopsi metode pembelajaran yang inovatif, dan memperkuat kerjasama dengan lembaga
atau komunitas luar. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran yang
komprehensif tentang evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Imam Syafi'i dan
memberikan rekomendasi untuk perbaikan lebih lanjut guna meningkatkan efektivitas
pembelajaran Bahasa Arab di masa yang akan datang.
Kata Kunci : Evaluasi, bahasa arab, SDIT

ABSTRACT
Muhammad Zubair. 201.372.018 This research aims to evaluate the effectiveness
and quality of Arabic language learning at SDIT Imam Syafi'i. The research method used is a
qualitative approach with data collection techniques through in-depth interviews with Arabic
teachers, students and school principals, as well as direct observation of the learning process.
The research results show that the Arabic curriculum at SDIT Imam Syafi'i is designed to
develop students' abilities in speaking, listening, reading and writing Arabic according to their
level of cognitive development.
The learning methods used by Arabic teachers involve a combination of direct
teaching, role playing, group activities, and the use of technology as additional learning
media. However, there are several challenges faced, such as limited resources and lack of
student interest in learning Arabic. Apart from that, lack of support from parents is also a
factor that influences learning effectiveness.
Nevertheless, efforts continue to be made by schools to improve the quality of Arabic
language learning, including by holding training for teachers, adopting innovative learning
methods, and strengthening collaboration with external institutions or communities. Thus, this
research provides a comprehensive picture of the evaluation of Arabic language learning at
SDIT Imam Syafi'i and provides recommendations for further improvements to increase the
effectiveness of Arabic language learning in the future.
Keywords : Evaluation, Arabic, SDIT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 14 Oct 2025 02:35
Last Modified: 14 Oct 2025 02:37
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/343

Actions (login required)

View Item
View Item