Fadilah, Nindia (2024) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ACTION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIKIH KELAS V B SUTQ JAMILURRAHMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2023/20224. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (268kB)
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-14-35.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (387kB)
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-36-60.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (450kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-61-92.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (500kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-93-94.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (252kB)
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah-95-99.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (240kB)
Skripsi Full Text - Nindia Fadilah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh kurangnya 
pemahaman peserta didik terhadap materi yang diajarkan, yang disampaikan oleh 
guru melalui metode ceramah yang monoton. Hal ini mengakibatkan kurangnya 
keterlibatan peserta didik dan kecenderungan untuk menjadi pasif serta kehilangan 
semangat belajar. Berdasarkan latar belakang masalah yang ditemukan selama 
observasi, peneliti melakukan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar 
peserta didik. Hal tersebut dilihat dari hasil belajar peserta didik terdapat 21 dari 26 
peserta didik belum mencapai KKM di kelas V B SUTQ Jamilurrahman Yogyakrta. 
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan 
untuk mengevaluasi hasil belajar fikih dengan menerapkan metode pembelajaran 
Action Learning. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiga kali 
pertemuan; satu pertemuan pada siklus pertama dan dua pertemuan pada siklus 
kedua. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan 
refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, 
tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dua ragam 
Teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan kauantitatif, analisis data kualitatif 
meliputi tiga tahap yaitu: Tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan 
kesimpulan. Adapun Teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis statistic 
deskrptif distribusi frekuensi dengan menghitung rata-rata.
Hasil penelitian ini adalah pertama; penerapan metode pembelajaran Action 
Learning terdiri dari 7 langkah, meliputi: penjelasan tentang tugas, pemberitahuan 
tentang kegiatan praktik, pembentukan kelompok, identifikasi masalah, penetapan 
tujuan, penentuan tindakan (presentasi), dan pembuatan laporan hasil. kedua ; 
Penerapan metode pembelajaran Action learning Untuk meningkatkan hasil belajar 
mata pejaran Fikih Kelas V B SUTQ Jamilurrahman didapatkan bahwa pada pra�siklus terdapat 5 dari 26 peserta didik mendapatkan (19,2%) yang mencapai tingkat 
ketuntasan dan meningkat pada siklus I menjadi 19 dari 26 peserta didik 
mendapatkan (73%) kemudian meningkat pada siklus II menjadi 22 dari 26 peserta 
didik mendapatkan (84,6%) tingkat ketuntasan dengan indikator hasil belajar 75%. 
Dengan demikian, kesimpulan dapat diambil bahwa penerapan metode 
pembelajaran Action Learning dikatakan berhasil dalam meningkatkan hasil belajar 
peserta didik dalam mata pelajaran fikih di kelas V B.
Kata Kunci: Penerapan Metode Pembelajaran Action Learning, Hasil Belajar, PAI.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 22 Dec 2024 06:03 | 
| Last Modified: | 22 Dec 2024 06:03 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/33 | 
