Efektivitas Hidden curriculum Kerja Bakti Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 12 di MA Islamic Centre Bin Baz Tahun Pelajaran 2024/2025

Atmaja, Muhammad Di'ar Sotya (2025) Efektivitas Hidden curriculum Kerja Bakti Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 12 di MA Islamic Centre Bin Baz Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Skripsi - Muhammad Diar - ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (208kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Skripsi - Muhammad Diar - BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (633kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Skripsi - Muhammad Diar - BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (436kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Skripsi - Muhammad Diar - BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (809kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Skripsi - Muhammad Diar - BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (277kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Skripsi - Muhammad Diar - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (227kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Skripsi - Muhammad Diar - BAB I II III IV V FINAL FIX FIX LENGKAP.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (4MB)

Abstract

Muhammad Di’ar Sotya Atmaja (211.371.074) Efektivitas Hidden curriculum Kerja Bakti Terhadap Karakter Gotong Royong Siswa Kelas 12 di MA Islamic Centre Bin Baz Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.
Penelitian ini berangkat dari pentingnya pendidikan karakter dalam sistem pendidikan nasional, khususnya nilai gotong royong yang mencerminkan semangat kerja sama dan kepedulian sosial. Dalam Islam, nilai ini diperkuat melalui ajaran ukhuwah Islamiyah. Namun, arus modernisasi menyebabkan melemahnya nilai gotong royong di kalangan siswa. Sebagai solusi, pendekatan hidden curriculum melalui kegiatan kerja bakti diterapkan di MA Islamic Centre Bin Baz untuk membentuk karakter gotong royong.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif kuantitatif. Sampel terdiri dari 70 siswa kelas 12 putra yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket yang valid dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan korelasi Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan efektivitas yang signifikan dari hidden curriculum kerja bakti dan karakter gotong royong dengan koefisien korelasi sebesar 0.87. Penelitian ini merekomendasikan penguatan hidden curriculum sebagai bagian dari strategi pendidikan karakter di sekolah.
Kata Kunci: Hidden curriculum, Kerja Bakti, Karakter Gotong Royong

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:40
Last Modified: 03 Jul 2025 07:40
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item
View Item