Analisis kompetensi guru pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta

Rofiqoh, Laili Nur (2025) Analisis kompetensi guru pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 Salafiyah Ula Islamic Center Bin Baz Putri Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi IlmuTarbiyah Madani.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK Skripsi Laili Nur Rofiqoh .pdf.crdownload - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (35kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1Skripsi Laili Nur Rofiqoh-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (375kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2 Skripsi Laili Nur Rofiqoh-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (324kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3 Skripsi Laili Nur Rofiqoh-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (309kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4 Skripsi Laili Nur Rofiqoh-.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB)
[thumbnail of Full teks skripsi] Text (Full teks skripsi)
Skripsi Laili Nur Rofiqoh Fix sekali.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan pembelajaran Bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan bentuk kompetensi guru dalam pembelajaran Bahasa Arab di Salafiyah Ula ICCB Yogyakarta. Untuk mendeskripsikan faktor-faktor pengahambat pengembangan kompetensi guru Bahasa Arab di Salafiyah Ula ICCB Putri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.
Jenis penelitian yang akan peneliti gunakan yaitu dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber – sumber jurnal dan buku sebagai acuan primer , standar kompetensi guru seperti sudah dituangkan dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta tidak hanya mampu membuat media pembelajaran yang menarik, melainkan harus bisa memanfaatkan internet untuk materi Bahasa Arab dalam metode belajar mengajar. Metode penelitian yang berdasarkan pada wawancara yang sifatnya deskriptif, Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan untuk menjelaskan penelitian yang ada tanpa memberikan data variabel yang diteliti dengan cara melakukan wawancara langsung.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru Bahasa Arab di Salaifyah Ula ICBB Putri sudah memenuhi kriteria kompetensi guru berdasarkan Undang-Undang nomor 14 Tahun 2005. Adapun faktor-faktor penghambat yaitu: kualitas Mengajar, latar belakang pendidikan guru dan sarana prasarana.

Kata Kunci: Analisis kompetensi guru pembelajaran Bahasa Arab

ABSTRACT

By:
Laili Nur Rofiqoh

Education is a conscious and planned effort to create a learning atmosphere and learning process that enables students to actively develop Arabic language learning. The purpose of this study is to describe the forms of teacher competence in Arabic language learning at Salafiyah Ula ICCB Yogyakarta, and to describe the inhibiting factors in developing Arabic language teacher competence at Salafiyah Ula ICCB Putri. This study uses a descriptive qualitative approach.
The type of research used is qualitative research with primary references from journals and books. The standard of teacher competence is based on Law Number 14 of 2005 concerning Teachers and Lecturers. Teachers are expected not only to create engaging learning media but also to utilize the internet in delivering Arabic language materials. The research method used is descriptive in nature, relying on direct interviews without presenting variable-based data.
The results of the study show that the competence of Arabic language teachers at Salafiyah Ula ICCB Putri has met the teacher competency criteria as stated in Law Number 14 of 2005. The inhibiting factors identified include teaching quality, the educational background of teachers, and the availability of facilities and infrastructure.

Keywords: Analysis, teacher competence, Arabic language learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 03 Jul 2025 01:52
Last Modified: 03 Jul 2025 01:52
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/319

Actions (login required)

View Item
View Item