Rani, Ana (2025) Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di SDIT Tunas Ilmu Jayapura Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (308kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (209kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (387kB)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (206kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (237kB)
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDIT TUNAS ILMU JAYAPURA revisi 7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
Abstrak 
“Ana Rani. (201372057). Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di 
SDIT Tunas Ilmu Jayapura Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa 
Arab. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.” 
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam 
pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Tunas Ilmu Jayapura. Latar belakang penelitian ini didasari oleh 
kebutuhan untuk memahami dinamika penerapan kurikulum baru yang menekankan pada pembelajaran yang 
berpusat pada siswa dan bernuansa karakter, serta tantangan yang dihadapi guru dalam praktik pembelajaran 
Bahasa Arab.  
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa 
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 
Merdeka Belajar di SDIT Tunas Ilmu Jayapura telah dilaksanakan meskipun belum sepenuhnya optimal. 
Beberapa guru masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep kurikulum serta menyesuaikan metode 
pengajaran dengan karakteristik peserta didik.  
Tantangan utama meliputi keterbatasan sumber daya, perbedaan latar belakang siswa, serta kurangnya 
pelatihan bagi tenaga pendidik. Meskipun demikian, penerapan kurikulum ini memiliki potensi untuk 
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa jika didukung dengan strategi yang tepat, pelatihan guru, serta 
adaptasi media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap 
pengembangan pembelajaran Bahasa Arab berbasis Kurikulum Merdeka di tingkat sekolah dasar. 
Kata kunci: Kurikulum Merdeka Belajar, Bahasa Arab, SDIT Tunas Ilmu, implementasi, pendidikan 
dasar
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 28 Jun 2025 23:31 | 
| Last Modified: | 28 Jun 2025 23:31 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/298 | 
