Nor, Fajar (2024) Problematika Pembelajaran Nahwu Pada Aspek Nahwu Di Kelas XII Agama 1 Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani.
Skripsi Full Text - Fajar Nor-9-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (45kB)
Skripsi Full Text - Fajar Nor-14-33.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (332kB)
Skripsi Full Text - Fajar Nor-34-50.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (301kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fajar Nor-51-87.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (384kB) | Request a copy
Skripsi Full Text - Fajar Nor-88-92.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (114kB)
Skripsi Full Text - Fajar Nor-93-97.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (197kB)
Skripsi Full Text - Fajar Nor.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui faktor problematika dan solusi mengatasi
problematika pembelajaran bahasa arab pada aspek Nahwu di kelas XII Agama 1
Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Penelitian ini berlatar
belakang dari rendahnya nilai Ujian Tengah Semester (UTS) mereka. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data dari
siswa, guru mata pelajaran Nahwu kelas XII Agama 1, dan Kepala Madrasah
Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Penelitian menemukan problematika pembelajaran Nahwu dan dibagi menjadi
beberapa faktor. Faktor siswa seperti kurangnya minat dan motivasi, tidur saat
belajar, kurangnya pengulangan materi, kurangnya penguasaan kosakata
(mufradat), dan terlambat masuk kelas. Faktor guru yaitu keluar sebelum waktunya.
Faktor sarana dan prasarana yaitu ketidaknyamanan ruang kelas. Sedangkan faktor
perangkat pembelajaran yaitu ketiadaan silabus dan RPP. Adapun solusi untuk
mengatasinya yaitu dari faktor siswa dengan mengembangkan minat, strategi guru
dalam memotivasi siswa, memberikan insentif, menumbuhkan budaya belajar
siswa, siswa mengoptimalkan penghafalan kosakata, dan siswa bimbingan dari BK.
Faktor guru yaitu dengan melakukan waskat (pengawasan melekat) dari Kepala
sekolah. Faktor sarana dan prasarana yaitu dengan meningkatkan pengelolaan fisik
kelas dan memberikan pemahaman mengenai sirkulasi udara yang baik. Sedangkan
faktor perangkat pembelajaran yaitu dengan mengadakan pembinaan dan pelatihan
penyusunan silabus dan RPP.
Kata kunci: Pembelajaran, Bahasa Arab, Aspek Nahwu
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PG Slavic, Baltic, Albanian languages and literature |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 22 Dec 2024 03:26 |
Last Modified: | 22 Dec 2024 03:26 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/29 |