Pengaruh Penggunaan Metode Bin Baz Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santriwati Kelas IV SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta

Umaimah, Umaimah (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Bin Baz Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santriwati Kelas IV SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (144kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (480kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (508kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (719kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (191kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Bin Baz terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati kelas IV di SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh
pentingnya membaca Al-Qur’an dengan tartil yaitu sesuai kaidah tajwid. Untuk mendapatkan kemampuan itu dibutuhkan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang sesuai untuk memudahkan proses pembelajaran. SU Putri Islamic Centre Bin Baz telah menggunakan Metode Bin Baz sebagai metode pembelajarannya sejak tahun 2021. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik sampling yang digunakan adalah total sample dengan responden adalah 39 santriwati kelas IV. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Bin Baz yang signifikan terhadap santriwati kelas IV SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan p-value atau sig. sebesar 0,00. Nilai p value (Sig.) lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Kemampuan membaca santriwati 38,5% ditentukan oleh Metode Bin Baz yang digunakan dan sisa 61,5% ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci: Metode Bin Baz, Membaca Al-Qur’an, Tartil, Pembelajaran.Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 20 Jun 2025 13:05
Last Modified: 20 Jun 2025 13:05
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/255

Actions (login required)

View Item
View Item