Umaimah, Umaimah (2025) Pengaruh Penggunaan Metode Bin Baz Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santriwati Kelas IV SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (144kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (480kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (508kB)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (719kB)
BAB IV.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (178kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (191kB)
Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Bin Baz terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santriwati kelas IV di SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh
pentingnya membaca Al-Qur’an dengan tartil yaitu sesuai kaidah tajwid. Untuk mendapatkan kemampuan itu dibutuhkan pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode yang sesuai untuk memudahkan proses pembelajaran. SU Putri Islamic Centre Bin Baz telah menggunakan Metode Bin Baz sebagai metode pembelajarannya sejak tahun 2021. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk melihat apakah ada pengaruh penggunaan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik sampling yang digunakan adalah total sample dengan responden adalah 39 santriwati kelas IV. Berdasarkan analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Metode Bin Baz yang signifikan terhadap santriwati kelas IV SU Putri Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan p-value atau sig. sebesar 0,00. Nilai p value (Sig.) lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis Ha diterima. Kemampuan membaca santriwati 38,5% ditentukan oleh Metode Bin Baz yang digunakan dan sisa 61,5% ditentukan oleh faktor lain.
Kata kunci: Metode Bin Baz, Membaca Al-Qur’an, Tartil, Pembelajaran.Al-Qur’an
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 20 Jun 2025 13:05 | 
| Last Modified: | 20 Jun 2025 13:05 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/255 | 
