PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @QOWAIDUL_LUGHOH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

Fatimah, Putri Dini (2025) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @QOWAIDUL_LUGHOH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (376kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (502kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2 SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (500kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (938kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4 SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (222kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
SKRIPSI - PUTRI DINI - FINAL - FIX 1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media sosial Instagram pada akun @qowaidul_lughoh sebagai media pembelajaran bahasa Arab. Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang mendorong terjadinya transformasi dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Instagram sebagai salah satu platform media sosial yang populer di kalangan generasi muda, menawarkan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan efektifitas dan pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam fenomena yang terjadi dalam pengelolaan serta interaksi inter di akun Instagram @qowaidul_lughoh. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati aktivitas dan konten yang dibagikan, sedangkan wawancara dilaksanakan dengan pengelola akun dan sejumlah pengikutnya. Dan dokumentasi dilakukan untuk mengumpulkan berbagai data tertulis maupun visual yang relevan sebagai bahan pendukung analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Instagram melalui akun @qowaidul_lughoh mampu memberikan materi pembelajaran bahasa Arab yang variatif, interaktif, dan mudah diakses kapanpun dan dimanapun. Fitur-fitur seperti posting gambar, video, cerita, dan reel digunakan untuk menyajikan pemahaman, tata bahasa, dan latihan-latihan yang mendukung penguasaan empat keterampilan dasar bahasa Arab (istima', kalam, qira'ah, dan kitabah). Selain itu, interaksi antara pengelola dan follower melalui kolom komentar dan direct message meningkatkan motivasi dan partisipasi aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media sosial Instagram, khususnya melalui akun-akun edukatif seperti @qowaidul_lughoh, dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran bahasa Arab yang efektif, inovatif, dan adaptif terhadap kebutuhan pembelajar di era digital.


Kata Kunci: Pemanfaatan, Instagram, Media Pembelajaran, Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: mrs Admin Repository
Date Deposited: 16 Jun 2025 03:10
Last Modified: 16 Jun 2025 03:10
URI: http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item
View Item