saputra, jaya (2025) Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Pembelajaran Fiqih Ath’imah Di Salafiyah Wustho Kelas Ix ICBB Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, sekolah tinggi ilmu tarbiyah madani yogyakarta.
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (138kB)
BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (323kB)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (296kB)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (430kB)
BAB IV.pdf`.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (57kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (168kB)
ANALISIS PEMAHAMAN BELAJAR SISWA TERHDAP PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN FIQIH DI SALAFYAH WUSTHO ICCB YOGYAKARTA13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Jaya Saputra, 211.371.039 Analisis Pemhaman Siswa Terhadap Pembelajaran fiqih ath’imah di Salafiyah Whusto ICBB Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi. Yogyakarta Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta. 2025”
	Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap  pembelajaran fiqih khususnya pada materi fiqih ath’imah (hukum makanan dan minuman dalam Islam) di kelas IX Salafiyah Wustho ICBB Yogyakarta Tahun Pelajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pemahaman fiqih ath’imah sebagai bagian dari pembentukan karakter dan perilaku religius siswa dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam hal konsumsi makanan yang sesuai dengan syariat Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan  deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi.
	Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  ceramah, diskusi, dan praktik langsung dalam pembelajaran fiqih ath’imah mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan. Siswa cenderung lebih memahami materi saat dilibatkan secara aktif dalam diskusi dan praktik, seperti mengidentifikasi makanan halal dan haram dalam kehidupan mereka. Namun demikian, terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan waktu, kurangnya media pembelajaran interaktif, serta minimnya pemanfaatan teknologi. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pengembangan pembelajaran yang lebih variatif dan kontekstual serta integrasi teknologi digital untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih ath’imah secara menyeluruh.
Kata Kunci: Fiqih Ath’imah, Pembelajaran, Pemahaman Siswa, Salafiyah Wustho, Pendidikan Islam.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education | 
| Depositing User: | mrs Admin Repository | 
| Date Deposited: | 15 Jun 2025 04:50 | 
| Last Modified: | 15 Jun 2025 04:50 | 
| URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/240 | 
