Haqiqi, Muhammad Zarly (2025) Analisis Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Fiqh dan Implikasinya terhadap Penguasaan Materi pada Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Jamilurrahman Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
abstrak.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (211kB)
![[thumbnail of Bab 1]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (592kB)
![[thumbnail of Bab II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (751kB)
![[thumbnail of Bab III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (615kB)
![[thumbnail of Bab IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (12kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dapus.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (256kB)
![[thumbnail of Full Text]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
full text bertandatangan.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
“Muhammad Zarly Haqiqi. (211371044). Analisis Penerapan Metode Drill dalam Pembelajaran Fiqh dan Implikasinya terhadap Penguasaan Materi pada Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Jamilurrahman. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”Skripai S1 PAI: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta
Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penerapan pembelajaran Fiqh melalui metode yang tepat guna meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap hukum-hukum Islam. Salah satu metode yang dianalisis adalah metode drill, yaitu pendekatan pengulangan sistematis untuk memperkuat pemahaman materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode drill dalam pembelajaran Fiqh, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya, serta mengevaluasi implikasinya terhadap penguasaan materi oleh peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Jamilurrahman.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi lapangan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta keabsahan data diperoleh melalui triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode drill berdampak positif dalam pembelajaran Fiqh, terutama melalui latihan tertulis dan lisan berbasis kitab Fathul Qorib. Metode ini terbukti meningkatkan pemahaman konseptual dan retensi materi oleh peserta didik. Faktor pendukungnya mencakup dukungan guru, kurikulum terintegrasi, dan sistem pembelajaran pesantren. Adapun hambatannya mencakup kejenuhan karena pengulangan dan variasi pendekatan yang terbatas. Penelitian ini merekomendasikan agar pendidik menggabungkan metode drill dengan pendekatan kontekstual agar hasil belajar lebih optimal.
Kata kunci: Analisis, Metode Drill, Pembelajaran Fiqh
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 17:10 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 17:10 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/234 |