Al-Baihaqi, Zulfikar Ihkam (2025) Pelaksanaan Strategi Coping Dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Santri Kelas XII Pada Mata Pelajaran Akidah Di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta.
![[thumbnail of Abstrak]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
ABSTRAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (179kB)
![[thumbnail of Bab I]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I Ihkam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (339kB)
![[thumbnail of Bab II]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II Ihkam.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (643kB)
![[thumbnail of Bab III]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III Ihkam.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (459kB)
![[thumbnail of Bab IV]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV Ihkam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (146kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka Ihkam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (204kB)
![[thumbnail of Full text]](http://repository.stitmadani.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Full Text Ihkam.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (2MB)
Abstract
“Zulfikar Ihkam Al-Baihaqi (211.371.006). Pelaksanaan Strategi Coping dalam Mengurangi Kejenuhan Belajar Santri Kelas XII pada Mata Pelajaran Akidah. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Madani Yogyakarta, 2025.”
Penelitian ini didasarkan pada teori mengenai kejenuhan belajar yang menjadi tantangan umum dalam dunia pendidikan, khususnya di tingkat menengah atas. Dalam konteks madrasah, kejenuhan belajar santri, terutama dalam mata pelajaran Akidah, dipengaruhi oleh berbagai tekanan akademik dan psikologis. Strategi coping, baik yang berfokus pada pemecahan masalah (problem-focused) maupun pengelolaan emosi (emotion-focused), dinilai dapat menjadi solusi dalam mengatasi kejenuhan tersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi coping yang diterapkan oleh santri kelas XII di Madrasah Aliyah Islamic Centre Bin Baz Yogyakarta, menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya, serta mengevaluasi efektivitasnya dalam mengurangi kejenuhan belajar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari guru Akidah, santri kelas XII, dan Waka Kurikulum. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan secara induktif.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa santri menggunakan kombinasi strategi coping berbasis pemecahan masalah dan pengelolaan emosi secara adaptif. Faktor pendukung meliputi lingkungan belajar yang kondusif, dukungan sosial dari guru dan teman, serta motivasi religius internal. Adapun faktor penghambatnya antara lain keterbatasan waktu, beban akademik yang tinggi, dan kurangnya keterampilan manajemen stres. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak madrasah meningkatkan layanan bimbingan konseling serta pelatihan coping untuk mendukung kesehatan mental dan motivasi belajar santri.
Kata Kunci: Strategi Coping, Kejenuhan Belajar, Santri, Pembelajaran Akidah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | mrs Admin Repository |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 03:04 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 03:04 |
URI: | http://repository.stitmadani.ac.id/id/eprint/220 |